Tanya Dokter

  • Apa saya terkena hepatitis B?

  •  ardikanurs
    Anggota

    Halo dok , saya 24 tahun  saya ingin bertanya dok, saya habis chek LAB dan hasil nya HBs Ag saya hasil nya Reactiv 18.25   dan Anti Hbs saya Non Reactiv 3 

    pertanyaan saya :

    1 .apakah saya positif terkena Hepatis B  dok ?

    2. dan apa maksudnya Anti Hbs 3 ?

    3. dan apakah saya perlu di suntik Vaksin ?

     

    terima kasih

    Hallo, Terimakasih atas pertanyaan Anda pada Alodokter

    Hepatitii B merupakan penyakit infeksi yang disebabkan oleh virus hepatitis B yang menyebabkan peradangan hati akut maupun kronik dan seabgian kecil bisa berkembang menjadi sirosis hati atau kanker hati. penularannya bisa melalui kontak langsung dengan darah yang terinfeksi, hubungan seksual yang tidak aman, penggunaan jarum suntik yang tidak steril, tertusuk jarum suntik yang terinfeksi, jarum yang digunakan saat tato, akupungtur terinfeksi, penularan ibu ke janin saat kehamilan dan proses melahirkan,penggunaan pisau cukur bersama, transfusi darah.

    HBsAg reaktif artinya, saat ini Anda sedang terinfeksi virus hepatitis B. dan Anti Hbs nonrekatif  artinya belum diketemukannya antibodi yang dapat memberikan perlindungan terhadap infeksi virus hepatitis B.

    Untuk mengetahui status penyakit hepatitis B, seharusnya Anda konsultasikan ke dokter spesialis penyakit dalam untuk penanganan lebih lanjut, dan dokter akan melakukan pemeriksaan lain seperti HbeAg, untuk mengetahui virus sedang aktif atau tidak, dan dokter juga akan melaukan pengecekan enzim hati seperti SGOT atau SGPT, untuk pemberian vaksin hepatitis B diberikan kepada mereka yang HBsAgnya negatif dan Anti HBsnya negatif agar memiliki kekebalan terhadap infeksi virus hepatitis B, bila HbsAg positif dan Anti HBs negatif, vaksin sudah tidak diperlukan.

    Beberapa tips untuk Anda:

    1. istirahat cukup minimal 6-7 jam
    2. Kontrol rutin dokter secara teratur
    3. Menggunakan kondom bila hendak berhubungan seksual
    4. Hindari berbagi rokok, sikat gigi, gunting dan pisau cukur
    5. hindari konsumsi alkohol, karena dapat merusak hati
    6. Makan makanan yang bergizi untuk daya tahan tubuh

    Terimakasih, semoga bermanfaat.dr.Nurmarwiyah