Tanya Dokter

  • bahaya sering menghirup asap solder

  • Dok, saya sering menyolder tanpa masker dan sangat sering menghirup asap solder tersebut. Apa efek samping dari menghirup asap tersebut dok ? Saya sudah sangat sering menghirup asap tersebut.

    Selamat siang, terima kasih telah bertanya di Alodokter. Dalam proses menyolder, ada bahan yang disebut timah atau Sn yang terlepas ke udara. Bila dihirup dalam jumlah yang banyak, seseorang bisa saja menjadi keracunan timah, yang ditandai dengan sakit kepala, lelah, sulit BAB, muntah, nafsu makan turun, nyeri perut, nyeri sendi, rasa besi di mulut dan lain sebagainya. Namun bila dalam jumlah yang sedikit tapi terus menerus, dalam jangka panjang, menghirup timah dapat menyebabkan kerusakan saluran napas dan menimbulkan beberapa penyakit seperti:

     

    Bila dicurigai keracunan timah, dokter biasanya akan melakukan penggalian riwayat dengan menanyakan Anda beberapa pertanyaan, melakukan pemeriksaan fisik dan penunjang seperti tes darah. Bila sudah terjadi komplikasi berupa salah satu hal diatas, secara spesifik pemeriksaannya akan sedikit berbeda dan menyesuaikan dengan penyakitnya.

    Sementara itu, saran kami untuk kedepannya, berusaha sebisa mungkin untuk menghindari melakukan hal itu lagi karena dampaknya bisa seumur hidup. Gunakan alat pelindung diri berupa masker, sarung tangan, sepatu dan kaca mata untuk menjauhkan Anda dari hal-hal yang tidak diinginkan. Cuci tangan sebelum dan sesudah bekerja, hindari makan disekitar area yang mengandung debu timah, dan biasakan pola hidup sehat. Semoga Anda dan keluarga sehat selalu.

    Sekian, semoga membantu.

    dr. Amadeo D. Basfiansa