Tanya Dokter

  • Apakah boleh minum obat kusta tidak menggunkan air hangat?

  • Assalamu'alaikum dok, dok saya mau nanya,apakah boleh minum obat kusta tidak pakai air hangat? dan apakah boleh diminumnya sehabis setelah makan?

    Salam,

    Pada pasien kusta,pengobatan diberikan sesuai dengan diagnosis dan jenis kusta yang dialaminya. Pada tipe  kusta pausibasiler atau multibasiler, pada hari pertama setiap bulan, standart pengobatan kusta nasional menerangkan obat diminum langsung didepan petugas kesehatan yang memberikan obat da sebaiknya diminum saat perut kosong atau 2 jam setelah makan. Untuk selanjutnya hari kedua dan seterusnya obat diminum bersamaan dengan makanan. 

    Namun, Anda dapat berdiskusi langsung dengan dokter yang merawat Anda berkaitan dengan obat yang Anda minum untuk pengobatan kusta ini. Dokter akan memberikan saran dan menjelaskan cara minum obat  untuk Anda.

    Untuk saat ini, untuk obat yang Anda bawa pulang, Anda dapat meminum obat saat makan atau selesai makan secara langsung. Anda dapat menggunakan air hangat atau air biasa untuk minum obat. Selanjutnya, pada saat Anda kontrol, Anda dapat bertanya ke dokter secara detail berkaiatan dengan cara minum obat ini.

    Demikian info yang bisa kami sampaikan, baca juga tatalaksana kusta nasional.

    dr.Ulfi