Tanya Dokter

  • Apakah gonore bisa menjadi sifilis?

  •  Bernard123
    Anggota
    Dok saya mau bertanya. Apakah gonore bisa menjadi sifilis?
    Bernard123  dr. Irvandi
    Dokter

    Halo Bernard123,

     

    Baik gonore ataupun sifilis keduanya termasuk infeksi yang menular akibat perilaku seksual yang tidak sehat. Gonore adalah infeksi menular seksual yang disebabkan karena bakteri Neisseria gonorrhoeae yang memberikan keluhan berupa keluarnya nanah dari kemaluan, nyeri berkemih, keputihan pada wanita ataupun nyeri pada bagian panggul dan testis (pada pria) sedangkan sifilis adalah infeksi yang disebabkan karena Treponema pallidum yang biasanya apabila pada stadium awal tidak menimbulkan manifestasi yang khas, namun pada stadium lanjut dapat menyebabkan munculnya luka gaung pada alat kelamin yang kemudian infeksi ini dapat menimbulkan berbagai manifestasi pada tubuh.

     

    Terjadinya infeksi menular seksual ini dapat muncul secara bersamaan namun infeksi gonore tidak dapat menjadi sifilis karena penyebab infeksi yang berbeda. Lakukanlah konsultasi dengan dokter untuk berkonsultasi mengenai keluhan yang anda alami sehingga dapat dilakukan pemeriksaan terhadap keluhan baik dengan pemeriksaan fisik ataupun pemeriksaan penunjang dalam hal ini pemeriksaan darah atau pemeriksaan cairan dari alat kelamin untuk memastikan infeksi yang sedang berlangsung sehingga pengobatan yang dilakukan dapat diberikan dengan baik.

     

    Selain itu, hindarilah perilaku seks bebas serta perilaku seks berisiko. Gunakanlah kondom saat anda melakukan hubungan intim dan hindari kekerapan dalam berganti pasangan dalam melakukan hubungan intim. Hindari juga penggunaan alat bantu seksual yang digunakan secara bersama-sama untuk menghindari penularan infeksi menluar seksual.

     

    Semoga informasi ini bermanfaat.

     

    Salam,

     

    dr. Irvandi