Tanya Dokter

  • Tanda gejala pembengkakan kelenjar getah bening

  • Assalamualikum.Selamat siang bapak/ibu dokter.Nama saya nanda,umur 14 tahun.Begini dokter saya mau menanyakan apakah benar ibu saya mrmpunyai penyakit gejala kpembengkakan kelenjar getah bening?Dengan gejala: 1.akhir ini,minggu ini leher,kedua bahu,boyok sebelah kiri kebawah terasa sangat pegal.Sudah dipijat/diurut,dikoyok,dikeroki masih pegal. 2.Suara ibu saya serak dok.Awalnya saya dan ibu mengira hanya demam.Setelah pijat,kata tukang pijatnya ibu harus ke dokter kalau ibu kena gejala kelenjar getah bening. 3.Ibu merasakan pusing kalau bagian leher pegal. Tolong dijawab ya bu/pak dokter.Tadi saya baca di website ini kalau gejala yang ibu alami adalah gejala bengkaknya kelenjar getah bening.Bu/pak dokter,kalau benar ibu mengalami bengkak kelenjar getah bening,dengan hormat saya minta cara untuk bisa membuat ibu sehat kembali.Maaf mengganggu.Tolong bantuannya bu/pak dokter.Terima kasih:)))

    Waalaikumsalam, nandaseptiarini2002, terima kasih sudah bertanya pada Alodokter.

                Kelenjar getah bening adalah suatu kelenjar yang berperan dalam sistem pertahanan tubuh. Saat terjadi infeksi atau peradangan pada tubuh, seringkali kelenjar getah bening memberikan tanda berupa pembesaran dan pembengkakan. Setelah infeksi dan peradangan sembuh, maka ukuran kelenjar getah bening juga akan kembali seperti semula. Dengan kata lain, seringnya pembengkakan kelenjar getah bening merupakan salah satu tanda bahwa sedang ada peradangan atau infeksi pada tubuh. Kondisi yang lebih parah terjadi pembengkakan kelenjar getah bening yang semakin membesar, tidak kunjung hilang dalam waktu lama, sangat nyeri, mengeluarkan nanah, dan menyebabkan penurunan berat badan. Jika terjadi hal-hal tersebut, maka segeralah ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan.

                Pada kondisi Ibu Anda, Ibu Anda mengalami nyeri di beberapa bagian tubuh disertai serak. Beberapa kemungkinan penyebabnya adalah sedang terjadi infeksi pada saluran pernafasan oleh virus ataupun bakteri yang sering menyebabkan batuk, pilek, sesak, serak, demam, sakit kepala, hingga badan pegal-pegal. Kemungkinan penyebab lainnya adalah infeksi umum oleh virus yang tidak spesifik pada tubuh, kelelahan fisik, cedera otot, atau gangguan sendi misalnya karena proses penuaan (contoh: osteoarthritis). Untuk memastikannya, periksakan ke dokter. Dokter akan menanyai mengenai hal-hal yang berhubungan dengan gejala yang dirasakan, riwayat penyakit sebelumnya, dan melakukan pemeriksaan fisik secara lengkap. Beberapa pemeriksaan penunjang yang mungkin dilakukan adalah pemeriksaan darah lengkap hingga pemeriksaan foto ronsen. Pengobatanya tergantung dari penyebabnya.

                Beberapa hal ini dapat dilakukan untuk membantu mengurangi gejala:

    1.     Istirahat total (tidak bekerja, tidak terlalu banyak berpikir)

    2.     Hindari mengangkat barang berat

    3.     Minum paracetamol atau ibuprofen

    4.     Mengoleskan krim antinyeri pada bagian tubuh yang sakit

    5.     Perbanyak minum air putih

    6.     Hindari stress

    Jika dengan cara-cara tersebut belum membaik dalam 3 hari, atau disertai gejala lain seperti demam, menggigil, lemas, muntah, nyeri perut, sesak, kaku leher, pingsan, atau kejang, segeralah mencari pertolongan dokter.

    Sekian, semoga bermanfaat yaa.

     

    Salam, dr. Sarah Rizqia.