Tanya Dokter

  • Vagina terdapat beberapa kutil mirip papila kecil

  • Siang dok, saya isti 17 tahun. Saya ingin bertanya di vagina saya terdapat kutil yang mirip dengan papila kecil2 dan banyak, lalu di selaput dara saya juga ada yang seperti itu namun besar dan jumlahnya hanya satu. setelah saya browsing itu mirip dengan vulvar vastibular papilomatis. apa benar itu VP? apakah itu berbahaya dan menular? penyebab dan penangannya bagaimana? mohon bantuannya :)

    Halo Istifarida...   Untuk mendiagnosa suatu kelainan kulit, seorang dokter memerlukan minimal 2 syarat yaitu anamnesa (pengambilan riwayat penyakit) dan pemeriksaan fisik secara langsung. Sebuah kelainan kulit akan sulit didiagnosa tanpa melakukan penglihatan kondisi kulit secara langsung. Jadi untuk memastikan apakah keluhan yang Anda alami adalah vulvar vestibular papilloma maka Anda perlu memeriksakan diri ke dokter kulit kelamin secara langsung. Dokter akan memeriksa dan memastikan keluhan Anda dengan emlakukan tes medis tambahan seperti tes asam cuka, tes darah, tes kerokan kulit dll. Beberapa kondisi lain yang mungkin menyebabkan keluhan Anda adalah :

    1. Kutil Kelamin
    2. Infeksi jamur
    3. Herpes genital
    4. Molluscum.
    5. Tumor intraepitel vulva
    6. Vulvar papilloma.
    7. dll.
    Vulvar vestibular papiloma merupakan kondisi variasi normal kulit vulva dimana terbentuk bintil kecil yang tidak menimbulkan gejala apapun dan bukan merupakan penyakit menular. Terkadang bisa menimbulkan gejala gatal, terasa perih dan nyeri sehingga menyerupai herpes genital / kondiloma. Penyebabnya tidak bisa dipastikan , namun beberapa studi menyatakan kaitan genetik dengan kasus ini. Namun karena jarangnya kasus vulvar papiloma ini maka hingga saat ini penyebab pasti masih belum diketahui Perbedaanya dengan kondiloma adalah vulvar papilloma akam memberikan reaksi negatif pada pemeriksaan dengan asam cuka sementara kondiloma akan berubah menjadi putih. Dan bentuk dari vulvar papilloma adalah bintik kecil tidak pernah bergerombol seperti kembang kol sementara kondiloma biasanya berkumpul membentuk bunga kol. Karena merupakan variasi normal dari kulit vulva , maka kondisi ini tidak memerlukan penanganan apapun. Seperti disebut diatas penyakit ini tidak menular dan bukan merupakan keganasan yang memerlukan penanganan yang ekstrem. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi