Tanya Dokter

  • apakah nodul padat tiroid berbahaya ?

  •  indah
    Anggota

    Apa penyebab nodul padat tiroid?

    Hasil USG saya menyatakan:

    Nodul padat tiroid kanan ukuran +/-2 x 1,6 x 0,8 cm hingga mencapai isthmus. Tidak tampak limfadenopati colli bilateral.

    Apakah berbahaya?

    Hai Indah,

    Tiroid merupakan kelenjar yang terletak di bawah jakun, yang berfungsi untuk mengatur berbagai metabolisme tubuh. Sementara, nodul tiroid berarti bahwa ada dijumpai nodul atau benjolan di area kelenjar tiroid tersebut. 

    Nodul dapat berisi cairan maupun padat. Keduanya terdiri dari pertumbuhan sel sel yang abnormal, berlebihan. Pada nodul padat, kemungkinan akan adanya kanker tiroid lebih besar ketimbang pada nodul yang berisi cairan. Tetapi,kebanyakan nodul nodul ini bersifat jinak.

    Anda dapat berdiskusi langsung dengan dokter yang merawat Anda untuk mengetahui apakah benjolan yang Anda alami berbahaya atau tidak.

    Tentu akan dibutuhkan pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui hal ini. Pemeriksaan hormonal, USG, Biopsi, dapat membantu dokter untuk mengetahui jenis nodul Anda ini. Hasil USG Anda hanya menunjukkan ukuran dan jenis nodul yang padat, biopsi lanjutan dapat membantu  mengetahui apakah nodul ini berbahaya atau tidak.

    Demikian penjelasannya, semoga membantu