Tanya Dokter

  • Apakah Penderita Batu Empedu boleh Diet Ketofetosis

  •  Brigitta Eya
    Anggota

    Dear Dokter

    Saya perempuan berusia 34 tahun & penderita batu empedu multiple dan belum dioperasi, saat ini saya sedang menjalani diet ketofetosis. Pertanyaan saya, apakah diet tersebut aman untuk penderita batu empedu seperti saya ? salam dan terima kasih.

    Vina

     

    Hai Brigitta.. Terimakasih untuk pertanyaan yang diberikan.

    Diet ketofetosis cukup banyak digunakan dalam masyarakat saat ini. Yang perlu diingat ialah bahwa setiap jenis diet tidak dapat disamakan antara satu orang dengan yang lain. Setiap orang memiliki cara diet dan pola makan yang harusnya disesuaikan dengan berat badan, kondisi fisik, status kesehatan, ataupun jenis kegiatannya. Diet ketofetosis merupakan gabungan antara diet ketogenik dan diet ketosis. Diet ketogenik ialah dengan mengurangi konsumsi karbohidrat dan meningkatkan konsumsi lemak. Sehingga sumber energi yang dibakar oleh tubuh ialah yang berasal dari lemak. Serta dalam diet ketofetosis ini dengan mengkondisikan tubuh dalam kondisi ketosis. 

    Sehingga dalam diet ini diutamakan konsumsi lemak sebagai sumber energi. Sedangkan batu empedu terjadi karena adanya ketidakseimbangan antara koleterol dan senyawa kimia dalam cairan empedu, dan 80 persen batu empedu berbahan dasar kolesterol. Sehingga salah satu diet yang dianjurkan untuk penderita batu empedu ialah dengan mengurangi asupan lemak. Selain itu tetap harus konsumsi makanan bergizi seimbang, hindari konsumsi alkohol, konsumsi air mineral yang cukup, olahraga secara rutin.

    Baca juga: batu empedu

    Semoga bermanfaat

    dr. Iriyanti