Tanya Dokter

  • Pengaruh ejakulasi terhadap perkembangan massa otot dan kadar zinc dalam tubuh

  •  FumpTruck
    Anggota

    Hallo selamat malam, saya mah bertanya apakah ejakulasi pada pria dapat mempengaruhi perkembangan massa otot? Karena beberapa waktu yang lalu saya sempat membaca disebuah forum online bahwa ketika ejakulasi tubuh akan kehilangan sejumlah zinc dan akan menghambat perkembangan otot itu sendiri, apakah itu benar?

    Fump yang baik,

    zinc merupakan salah satu bagian dari nutrisi yang diperlukan untuk pembentukan testosteron, yakni hormon yang dominan pada pria dan berperan baik bagi kesuburan seseorang, maupun perkembangan massa otot pada tubuh pria. Hal ini menjelaskan mengapa pada wanita, otot tidak akan pernah berkembang sebagaimana otot pria sekalipun melakukan kegiatan fitnes setiap harinya, karena hormon testosteron terbilang rendah pada wanita. Zinc sendiri memang dilepaskan sebagian dalam cairan mani atau semen yang dikeluarkan oleh tubuh pada saat proses ejakulasi yang terjadi dalam fase orgasme, baik ketika seseorang bermasturbasi maupun berhubungan seksual. Dan dengan demikian hal ini sedikit banyak akan berpengaruh terhadap kadar testosteron dalam tubuh yang mana berperan dalam pembentukan otot tubuh.

    Akan tetapi perlu diperhatikan bahwa zinc bukanlah satu-satunya komponen yang diperlukan dalam pembentukan testosteron dan pada gilirannya massa otot. Diperlukan juga banyak komponen seperti protein untuk membangun sel-sel otot tubuh. Zinc yang keluar pun biasanya tergantikan oleh zinc dari asupan makanan. Oleh karenanya penting untuk tetap mengonsumsi makanan yang mengandung zinc seperti gandum, daging sapi, labu dan masih banyak lagi. Sekalipun angkanya tidak cukup signifikan untuk menyebabkan otot mengempis, namun tidak ada salahnya Anda memenuhi kebutuhan gizi harian. Berikut kami lampirkan artikel mengenai zinc. Semoga bermanfaat.

     

    dr. N. K. Arief