Tanya Dokter

  • kulit bokong terkelupas setelah menggunakan jeruk nipis

  •  Syifatrianna
    Anggota

    siang dok, saya mau nanya, tiba-tiba di lipatan bokong saya kulitnya jadi terkelupas gitu dok, setelah aku makai jeruk nipis, karna di bagian bokong aku ada jerawatnya yang ngeganggu banget, setelah beberapa kali pemakaian jeruk nipis pada daerah tersebut, tiba-tiba pada lipatan bokong, kulitnya terkelupas dan pedih, trus aku gugling dan nemu kalo itu namanya psoriasis inverse, apa benar dok ? terus gimana cara pengobatannya biar cepet sembuh ?

    Hai Syifatrianna.. Terimakasih untuk pertanyaan yang diberikan.

    Keluhan kulit dapat menggangg penderitanya karena dapat disertai rasa gatal, perih, kemerahan. Tetapi yang penting adalah mengobati penyebab dasarnya. Keluhan anda yaitu adanya kulit yang terkelupas pada daerah lipatan bokong dapat disebabkan karena:

    • Iritasi kulit -- kulit yang iritasi dapat terasa perih, memerah, mengelupas, menebal. Penyebab iritasi kulit berbagai macam: bisa karena bahan pakian tertentu, hawa panas, serangga, sinar matahari, sabun atau detergen. Pada kasus anda yang menggunaakn jeruk nipis pada bagian kulit juga dapat memicu iritasi
    • Eksim
    • Infeksi sekunder akibat adanya jerawat yang tergesek celana atau akibat garukan
    • Psoriasis -- penyakit ini belum diketahui penyebabnya dan disebutkan dapat disebabkan karena autoimun. Sel kulit akan bekerja secara berlebihan sehingga terjadi penpukan sel, hal inilah yang mengakibatkan adanya penebalan ult. Gejala psoriasis: kulit memerah dan terasa tebal, bersisik, kering; kuku yang menebal, bila bagian yang menebal dikeroh dapat terjadi perdarahan atau tampak titik2 perdarahan. Sedangkan psoriasis inversa merupakan psoriasis yang terjadi pada daerah lipatan seperti ketiak, selangkangan, lipatan bokong,  bawah payudara

    Jika keluhan anda berlanjut, terasa nyeri, berdarah, dan terasa nyeri maka anda dapat memeriksakan diri ke dokter kulit. Dokter akan melakukan pemeriksaan secara langsung dan dapat dilanjutkan dengan pemeriksaan kerokan kulit dibawah mikroskop. Sehingga diagnosa dapat ditegakkan.

    Sedangkan yang dapat anda lakukan:

    • Anda dapat menghentikan penggunaan jeruk nipis dan menggantinya dengan obat jerawat atas saran dokter
    • Hindari menggaruk dan memegangi bagian yang mengelupas
    • Jaga kebersihan tubuh dan mandi minimal 2x sehari

    Semoga bermanfaat

    dr. Iriyanti