Tanya Dokter

  • Saya mengalami maag sering mual dan muntah-muntah

  • assalammualaikum dok. sy punya riwayat penyakit maag. dan jika sdg kambuh memang sy suka mual dan muntah2. namun sdh dua kali sy mengalami muntah2 yg tdk berhenti saat malam hari disertai diare/buang air besar saja bukan diare. muntah2 yg pertama bahkan sy sampai memuntahkan darah. dan setelah muntah perut sy terasa sakit, perih.

    Halo,   Maag merupakan suatu kondisi dimana terjadi peradangan pada lambung akibat kerja kuman helicobakter atau akibat iritasi berlebih pada lambung akibat penggunaan Obat obatan. Muntah hingga akhirnya mengeluarkan darah memerlukan perhatian khusus dan perawatan segera agar tidak timbul komplikasi lain yang merugikan Anda. Penyebab muntah yang Anda alami bisa disebabkan karena :

    1. Maag
    2. GERD
    3. Keracunan makanan
    4. Hamil muda
    5. Infeksi usus
    6. Stress psikis
    7. Gangguan liver, Gangguan ginjal dll.
    8. dll.
    Untuk memastikan penyebab keluhan Anda maka sebaiknya Anda memeriksakan diri ek dokter penyakit dalam sub spesialisasi KGEH (Konsultan Gastro Entero Hepatologi) untuk diperiksa dan melakukan tes medis seperti tes darah, USG lambung, Endoskopi CT SCAN dll jika diperlukan. Dengan mengetahui penyebab keluhan Anda maka pengobatan bsia diberikan. Untuk mengatasi mual maka Anda bisa melakukan beberapa cara seperti :
    1. Makan porsi kecil
    2. Hindari makanan yang bisa merangsang nyeri pada lambung seperti makanan asam, pedas, kopi teh , alkohol, dll
    3. Banyak minum air putih.
    4. Minum obat pereda muntah seperti domperidon, ondansentron dll.
    5. Jaga kebersihan makanan Anda dan konsumsi makanan yang matang.
    Baca topik Maag Semoga membantu.   dr. Yusi