Tanya Dokter

  • Vagina mengeluarkan lendir berdarah setelah hubungan intim

  •  Reredel
    Anggota

    Halo dok.. Dok saya mau tanya saya saya haid tanggal 9 dan selesai haid tanggal 14 trs saya tanggal 15 yq berhubungan intim tapi abis berhubungan intim vagina saya mengeluarkan cairan seperti lendir tapi berdarah.. Saya kenapa kek gini ya dok?

    Halo Reredel, terimakasih atas pertanyaannya untuk Alodokter

     

    Vagina yang mengeluarkan darah paska berhubungan intim tidak selalu disebabkan oleh kanker serviks. Berikut ini adalah beberapa kemungkinan penyebab perdarahan dari vagina seperti yang anda alami tersebut:

    1. sisa darah menstruasi yang belum bersih yang bercampur dengan sekresi vagina atau cairan ejakulat yang masuk ke dalam vagina
    2. terjadinya perlukaan pada vagina karena kurangnya pelumas saat penetrasi (paska menstruasi vagina cenderung menjadi lebih kering) atau karena hubungan seksual yang kasar
    3. infeksi pada saluran reproduksi
    4. ektropion serviks (pergeseran sel-sel bagian dalam serviks ke bagian luar serviks)
    5. tumor jinak pembuluh darah pada serviks

     

    Untuk sementara waktu anda dapat memperhatikan terlebih dahulu perdarahan yang terjadi. Bila perdarahan hanya sedikit dan dapat berhenti dengan sendirinya, tidak terdapat nyeri pada area panggul dan perut bawah anda, tidak terdapat demam, maka kemungkinan tidak ada yang perlu anda khawatirkan. Namun bila perdarahan yang terjadi sangat banyak, atau darah keluar terus menerus, serta terjadi setiap kali anda berhubungan seksual, sebaiknya anda memeriksakan diri ke dokter spesialis obstetri dan ginekologi (dokter kandungan) untuk dilakukan pemeriksaan secara langsung.

    Sementara itu, anda dapat mencoba untuk melakukan foreplay lebih lama sebelum melakukan penetrasi saat berhubungan seksual atau menggunakan pelumas agar tidak terjadi perlukaan pada vagina saat penetrasi.

     

    Sekian informasi dari saya, semoga cukup menjawab

     

    dr. irna cecilia