Tanya Dokter

  • Flu disertai batuk dan sakit saat menelan makanan. Gejala tifus kah ?

  •  Desi Paytren
    Anggota

    Seminggu yang lalu saya kena flu dan batuk di sertai sakit saat nelen, dan mimisan dok. Dan belakangan ini saya sering keringatan dan demam apakah saya terkena types dok? Thanks

    Salam,

    Dari info yang Anda sampaikan,adanya riwayat mimisan, batuk dan flu yang sebelumnya Anda rasakan dapat menyebabkan kondisi fisik Anda saat ini menurun, sehingga menyebabkan keluhan demam sampai keringat dingin atau banyak berkeringat.

    Namun,keluhan ini merupakan keluhan umum pada pasien dengan kondisi sakit karena proses radanga atau infeksi umum pada saluran nafas atau pencernaan.Sehingga kondisi ini belum dapat dipastikan suatu tipes sebagai penyebabnya sampai Anda memeriksakan diri ke dokter dan dokter menyatakan tipes sebagai penyebab keluhan ini.

    Pada pasien tipes, selain demam, keluhan lain juga dapat menyertai, seperti sakit kepala, menggigil, mual,muntah atau diare juga dapat menyertai.

    Oleh karena itu, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter keluarga Anda atau dokter penyakit dalam untuk pemeriksaan dan evaluasi kondisi fisik Anda.Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan merencanakan pemeriksaan penunjang yang diperlukan, seperti pemeriksaan darah. Dengan demikian,dokter dapat memastikan penyebab keluhan Anda, apakah karena infeksi pernafasan, tipes,demam berdaha,ataupun karena gangguan pencernana.

    Penanganan akan diberikan sesuai hasil pemeriksaan yang didapatkan.

    Yang perlu Anda lakukan adalah beristirahat yang cukup, hindari makanan pedas,mie, bakso serta hindari kelelahan fisik.

    Demikian info yang bisa kami sampaikan, baca juga tipes.

    dr.Ulfi