Tanya Dokter

  • Penanganan untuk kanker rahim usia lanjut?

  •  Agnesa
    Anggota

    Assalamualaikum wr. wb. Halo doker.. Saya agnesa, keluarga saya sudah berusia hampir 60 tahun dan sudah menopouse, tapi mendadak terjadi haid, setelah di cek ke dokter ternyata benar ada benjolan di rahim, kemudian dokter menganjurkan operasi, dan sudah selesai operasi, operasi hanya berjalan pada waktu malam dan pagi nya sudah boleh pulang dan beraktifitas. Setelah beberapa hari dokter memberitahu tentang hasil diaknosa ternyata keluarga saya memiliki kanker rahim, dan jika di operasi akan memburuk karena usia yang sudah hampir 60 an, untuk saat ini dokter memberi obat dan menyarankan untuk menjaga pola makan yaitu makan sayuran begitu kemudian berolahraga dan menjaga pikiran agar tidak stres. Dokter juga menyinggung soal kemoterapi tapi tidak bisa dilakulan karena harus operasi dan, operasi tidak bisa dilakukan karena usia. Jadi pertanyaan saya dokter, tindakan apakah yang bisa dilakukan oleh keluarga saya?? Mohon jawabanya terimakasih

    Halo Agnesa, terimakasih atas pertanyaannya untuk Alodokter

     

    Kanker rahim secara umum dapat dibedakan menjadi 2, kanker endometrium (yang lebih umum terjadi) dan sarkoma uterus (lebih jarang). Secara umum terapi yang saat ini tersedia untuk kanker rahim ada 4 jenis:

    1. operasi pengangkatan kanker
    2. terapi radiasi
    3. kemoterapi
    4. terapi hormonal

    Seseorang bisa saja hanya memerlukan salah satu dari 4 jenis terapi tersebut, namun bisa juga memerlukan kombinasi terapi. Pilihan terapi pada pasien didasarkan pada beberapa hal antara lain:

    1. jenis dan stadium kanker
    2. kondisi kesehatan pasien secara umum
    3. usia
    4. preferensi pasien sendiri

     

    Dalam kasus seperti keluarga anda tersebut, pertimbangan terapi harus melihat hal-hal di atas (tidak hanya usia saja). Oleh karena itu, ada baiknya anda mendiskusikan kembali dengan dokter yang merawat untuk mengetahui lebih jelas terutama mengenai jenis dan stadium kanker keluarga anda tersebut. Bila anda tidak mendapatkan penjelasan mengenai opsi terapi yang keluarga anda miliki, keluarga anda juga bisa melakukan pemeriksaan di dokter lainnya untuk mendapat pemeriksaan dan penjelasan lebih lanjut. Keluarga anda dapat berkonsultasi dengan Dokter Kandungan atau mencari dokter kandungan konsultan gineko onkologi.

     

    Sekian informasi dari saya, semoga cukup menjawab

    dr. irna cecilia