Tanya Dokter

  • Apakah tiroid bisa sembuh tanpa operasi?

  •  Uwee dwii
    Anggota
    Saya mengalami tiroid jinak berukuran 2x1,5 cm di kanan leher dok. Yang ingin saya tanyakan apakah untuk penanganan memang harus diangkat? Lalu apa efek samping atau resikonya dok? Mungkinkah ada kesembuhan tanpa melalui operasi dok. Mohon penjelasannya. Terimakasih.

    Halo Uwee dwii, terimakasih atas pertanyaannya untuk Alodokter

     

    Benjolan pada tiroid atau yang disebut juga dengan nodul tiroid merupakan suatu benjolan pada kelenjar tiroid yang bisa padat bisa juga terisi cairan. Nodul tiroid ada yang dapat menyebabkan gejala-gejala hipertiroid ataupun hipotiroid, namun ada juga yang tidak menimbulkan gejala apapun sama sekali. Nodul juga bisa bersifat jinak ataupun ganas.

    Bila telah dilakukan pemeriksaan terhadap nodul tiroid anda dan ditemukan bahwa nodul tersebut adalah nodul jinak, berukuran kecil, dan tidak menyebabkan gejala sama sekali, maka biasanya tidak diperlukan terapi apapun. Nodul tiroid ini kemungkinan besar tidak akan mengecil sendiri dan dapat membesar, namun pembesarannya biasanya sangat lambat dan bisa terjadi selama bertahun-tahun. Nodul tiroid jinak sangat jarang berkembang menjadi ganas.

    Bila nodul tiroid jinak yang anda miliki membesar dengan cepat, menimbulkan gejala-gejala tertentu seperti sumbatan pada jalan nafas, gangguan menelan, gejala-gejala hipertiroid atau hipotiroid, maka kemungkinan akan diperlukan terapi tertentu untuk mengatasinya. Bila ukurannya sangat besar dan menimbulkan gejala sumbatan jalan nafas dan gangguan menelan, maka biasanya diperlukan terapi operasi untuk mengangkata nodul. Bila ukurannya tidak terlalu besar, maka dapat dilakukan terapi lain untuk memperkecil nodul dan mengatasi gejala yang muncul. Beberapa terapi yang dapat dilakukan antara lain terapi radioaktif iodin dan terapi dengan obat supresi hormon tiroid.

    Terapi operasi memiliki beberapa risiko seperti:

    1. terjadi kondisi hipotirodisme (kekurangan hormon tiroid) karena kerusakan pada kelenjar tiroid paska operasi
    2. gangguan kelenjar paratiroid
    3. kerusakan pada saraf laringeal

     

    Masing-masing pilihan terapi yang disebutkan di atas (operasi, radioaktif iodin, dan levotiroksin) memiliki kelemahan dan kelebihannya masing-masing dan perlu disesuaikan dengan kondisi masing-masing pasien. Sebaiknya anda mendiskusikan lebih lanjut dengan dokter yang merawat anda mengenai pilihan terapi yang paling sesuai untuk kondisi nodul tiroid anda.

     

    Sekian informasi dari saya, semoga cukup menjawab

     

    dr. irna cecilia