Tanya Dokter

  • Gejala penyakit ditandai dengan mudah lelah dan paru-paru terendam air

  •  Siu Lie
    Anggota

    Selamat siang dok, saya ingin bertanya tentang kondisi adik saya, karena sampai sekarang dokter di tempat adik saya dirawat belum bisa mendiagnosa penyakit apa yang dia alami ? Adakah kemungkinan gagal jantung atau penyakit paru-paru ? B Mohon dibantu dok, berikut gejala yg dialami adik saya Gejala dan perawatan yang Yoga alami adalah sebagai berikut : 1. Awalnya setiap berjalan, yoga selalu ngos-ngosan 2. Lalu saat di bawa ke RS bagian penyakit dalam, dideteksi bahwa detak jantungnya cepat dan didiagnosa dia mengalami lemah jantung. 3. Yoga dirujuk ke bagian dokter jantung dan diberi obat penguat jantung. Lalu di rontgen. Hasil rontgen dada menunjukkan paru-parunya tenggelam dan penuh air 4. Yoga kemudian dirujuk lagi ke dokter paru-paru, diminta untuk rawat inap. Kemudian dokter melakukan penyedotan air sebanyak 2-3 kali. Air yang tersedit sebanyak 2 L 5. Setelah melakukan penyedotan air, tangan kiri yoga melemas dan gak bisa digerakkan. Dokter pun melakukan tes lab kepada yoga dan dinyatakan yoga kekurangan garam. Tapi setelah dikasih asupan garam, sampai sekarang pun tangan kiri yoga masih lemas dan tangan kanannya gemeteran. 6. Selang beberapa hari setelah penyedotan, tiba-tiba dokter bilang bahwa paru-paru kanan yoga masih ada sedikit air dan harus disedot lagi. Stlh kembali menunggu beberapa hari dokter menganjurkan, penyedotan tidak perlu dilakukan lagi, hanya makan obat saja 7. Sampai sekarang gejala yang dialami yoga adalah panas dingin. Demamnya bisa mencapai 38-42 derajat saat malam, dan saat subuh dia akan menggigil kedinginan, kepala pusing dan keringat dingin. 8. Ada suaru hari ketika demamnya sudah turun, dan yoga dibiarkan pulang, tapi malamnya, yoga tiba-tiba jatih pingsan dan langsung dibawa ke rs tarakan. 9. Sampai sekarang yoga masih di Rs tarakan dengan fasilitas yg terbatas dan masih menunggu perawatan lebih lanjut. Gejala yang timbul masih panas dingin, sulit utk bergerak karena harus dibopong, tangan kiri lemas dan tangan kanan gemetaran.

    Halo Siu Lie, terimakasih atas pertanyaannya untuk Alodokter

     

    Gejala-gejala yang dialami oleh adik anda tidak dapat didiagnosis hanya dengan gejala-gejala yang anda sebutkan. Gejala seperti cepat lelah (ngos-ngosan) dan paru-paru yang terbenam air memang mengarah pada gagal jantung.  Namun gagal jantung dapat terjadi karena berbagai penyebab. Gejala tangan yang menjadi lemas dan demam mengarahkan bahwa terdapat penyakit lain yang bersifat sistemik yang dapat menyebabkan gangguan pada berbagai organ. Beberapa kemungkinannya antara lain:

    1. gangguan pada sistem endokrin seperti gangguan hormon tiroid (hiper ataupun hipotiroid), gangguan hormon paratiroid, gangguan hormon adrenal
    2. adanya kanker di organ tertentu yang menyebabkan sindrom paraneoplastik (kumpulan gejala yang terjadi karena keberadaan tumor yang menghasilkan hormon atau sitokin tertentu atau pun karena respon sistem imunitas tubuh terhadap tumor)
    3. penyakit autoimun atau penyakit dimana sistem imunitas tubuh menyerang sel-sel tubuh sendiri
    4. penyakit metabolik seperti gangguan penyimpanan glikogen, gangguan penyimpanan lipid

    Untuk dapat mendiagnosis penyakit yang dimiliki adik anda, diperlukan pemeriksaan lebih lengkap seperti pemeriksaan darah lengkap, rekam jantung, USG jantung, EMG (elektromiogram), CT scan, pemeriksaan kadar hormonal, panel autoimun, pemeriksaan metabolik, ataupun pemeriksaan-pemeriksaan lainnya yang dianggap perlu. Sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter yang merawat adik anda perihal penyakit adik anda tersebut. Anda dapat bertanya mengenai kemungkinan diagnosis adik anda, pemeriksaan-pemeriksaan yang disarankan, serta rencana terapi yang akan diberikan. 

     

    Sekian informasi dari saya, semoga cukup menjawab

    dr. irna cecilia