Tanya Dokter

  • Rasa begah, sering sendawa, sesak di tenggorokan, penyakit jantung atau asam lambung?

  •  Black Dragonz
    Anggota
    Maaf fok mau tanya... Sudah beberapa bulan ini saya sering merasa begah sering sendawa dan sesak di tenggorokan kadang di dada.. Dan dada suka terasa sakit ringan,kadang di tekan juga sakit... Saya sudah ekg dan Rontgen dada kata dokter umum ada pembengkakan di jantung,lalu saya ke dokter spesialis jantung katanya tidak ada pembengkakan,dokter spesialis bilang ada masalah di katup jantung,tapi tanpa pemeriksaan lanjutan hanya menggunakan stetoskop,dan saya diberikan obat bloker, Saya masih ragu dok karena ada perbedaan,jadi apa yang harus saya lakukan dan apakah obatnya harus saya minum

    Halo, terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Keluhan yang disebabkan oleh gangguan asam lambung atau penyakit lambung dan serangan jantung bisa menimbulkan gejala yang mirip. Hanya saja pada serangan jantung terdapat nyeri dada sebelah kiri yang menjalar hingga ke lengan dan rahang. Namun pada penderita penyakit kronis tertentu (misalnya misalnya diabetes) gejala sering menjadi tidak khas sehingga mirip dengan penyakit pada lambung.

    Gangguan atau penyakit pada jantung ada beragam. Salah satunya yaitu penyakit katup jantung. Gejala yang ditimbulkan bisa bervariasi atau bahkan tanpa gejala. Adapun gejala yang bisa ditimbulkan oleh penyakit katup jantung antara lain sesak nafas, nyeri dada, pusing, lelah, gangguan irama jantung, pembengkakan pada tungkai, batuk darah, sering pingsan, dan pipi memerah.

    Gangguan pada katup jantung bisa dideteksi dengan pemeriksaan fisik menggunakan mikroskop yang ditandai dengan suara murmur. Pemeriksaan penunjang untuk mengidentifikasi gangguan pada katup jantung misalnya dengan menggunakan ekokardiogram. Jika Anda sudah melakukan pemeriksaan ke dokter spesialis jantung, maka sebaiknya Anda melakukan pengobatan sesuai saran dari dokter tersebut. Apabila masih ada hal yang meragukan, jangan ragu untuk bertanya lebih lanjut.

    Keluhan yang Anda paparkan, bisa jadi juga disebabkan oleh gangguan lambung. Karena itu jika keluhan tidak membaik, lakukan pemeriksaan kembali (kontrol) ke dokter sebelumnya. Adapun pemeriksaan tambahan yang mungkin diperlukan misalnya USG perut, endoskopi, tes H.pylori, atau pemeriksaan lain sesuai indikasi. 

    Untuk membantu mengurangi gejala yang Anda alami, Anda bisa melakukan anjuran berikut:

    • Makan secara teratur dan tepat waktu.
    • Pilih makanan yang sehat dan bergizi seimbang.
    • Apabila terasa kembung atau mual, Anda bisa mencoba makan makanan yang berkonsistensi lembut serta makan dalam porsi sedikit namun sering.
    • Hindari makanan yang instant atau junk food. Kurangi juga makanan yang terlalu pedas, berbumbu dan berminyak.
    • Jangan makan sebelum tidur. Minimal beri jeda 2 jam setelah makan.
    • Atur stress dengan baik.
    • Tidak merokok dan minum minuman beralkohol.

    Berikut artikel yang sesuai topik pertanyaan Anda di:

    • https://www.alodokter.com/penyakit-katup-jantung
    • https://www.alodokter.com/penyakit-asam-lambung

    Demikian informasi yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat.