Tanya Dokter

  • Bengkak dan nyeri pada sendi jempol kaki

  • Salam Dok.. Saya Verinda begini dok saya mau bertanya tentang ayah saya,, kaki ayah saya itu bagian ibu jari kaki yang kanan dan sekitar bagian bawah telapak kaki itu bengkak tidak terlalu besar dan jika di pegang sakit. Katanya dia mungkin itu asam urat atau kolestrol dok . apa benar dok? ayah saya akhir akhir ini baanyak makan kacang kacangan kedelai gitu dok. itu kenapa ya dok penyakit apa dan cara mengatasinya

    Halo Verinda, terimakasih atas pertanyaannya untuk Alodokter

     

    Bengkak dan nyeri pada sendi jempol kaki dapat disebabkan oleh beberapa kemungkinan, diantaranya adalah:

    1. Gout (peradangan sendi akibat penumpukan asam urat pada sendi)
    2. pseudogout (peradangan sendi akibat penumpukan kalsium pada sendi)
    3. septik artritis (infeksi pada sendi)
    4. trauma atau cedera pada sendi
    5. rheumatoid arthritis
    6. reaktif artritis (nyeri sendi yang terjadi paska infeksi di tempat lain yang biasanya di saluran kencing dan saluran cerna)
    7. psoriatik artritis (nyeri sendi pada penderita psoriasis)

     

    Gangguan kolesterol darah (atau yang disebut dislipidemia) tidak akan menyebabkan gangguan pada sendi, namun untuk memastikan apakah yang dialami oleh ayah anda tersebut disebabkan oleh penyakit asam urat tinggi (gout) atau disebabkan oleh penyebab nyeri sendi lainnya (seperti yang disebutkan di atas), diperlukan pemeriksaan sendi secara langsung dan pemeriksaan lainnya seperti pemeriksaan darah, kadar asam urat darah, analisis cairan sendi, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, ada baiknya anda membawa ayah anda memeriksakan diri ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan-pemeriksaan tersebut.

    Bila memang ayah anda memiliki riwayat asam urat yang tinggi, maka ayah anda memerlukan obat-obatan untuk membantu mengatasi kondisi serangan akut gout yang sedang dialami saat ini dan obat-obatan lanjutan yang dapat diberikan setelah serangan akut selesai untuk mencegah berulangnya nyeri sendi yang dialami. Selain menggunakan obat-obatan ayah anda juga sebaiknya mulai menjaga makanan yang dikonsumsi. Berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari oleh penderita asam urat tinggi:

    1. daging merah (boleh dikonsumsi dalam jumlah sedikit)
    2. jeroan atau organ dalam hewan
    3. makanan laut seperti kerang, tiram, ikan teri, sarden, makarel, tuna
    4. alkohol

     

    Sementara itu makanan dan minuman yang disarankan untuk dikonsumsi penderita asam urat tinggi antara lain:

    1. susu rendah lemak
    2. karbohidrat kompleks seperti beras coklat, beras merah, gandum utuh, oats
    3. vitamin C
    4. kopi dalam jumlah secukupnya (tidak berlebihan)

     

    Untuk mengatasi nyeri yang dialami saat ini, ayah anda dapat mengkonsumsi obat seperti parasetamol atau obat-obatan antinyeri non-steroid. Kompres dingin dan kompres hangat pada area yang nyeri juga dapat membantu mengurangi nyeri pada sendi. 

    berikut ini artikel yang dapat anda baca terkait penyakit asam urat

     

    Sekian informasi dari saya, semoga cukup menjawab

     

    dr. irna cecilia