Tanya Dokter

  • Rasa tidak plong saat menarik napas hingga nyeri dada tengah

  • Selamat malam dok, saya mahasiswi usia 20 tahun. Keluhan saya yaitu jika menarik nafas kadang tidak plong/tidak leluasa dan kadang menyebabkan nyeri pada dada bagian tengah. Hidung saya seperti tidak leluasa menarik nafas, padahal saya tidak pilek. Kira2 itu kenapa ya dok? Saya nafasnya tidak lega lalu akhirnya menimbulkan nyeri di dada bagian tengah dan sakitnya itu bisa sampai lama. Terkadang kalau saya lagi sedih dada bagian tengah saya sering kambuh dan rasanya perih apalagi ditambah nafas yg tidak plong. Kira-kira itu kenapa ya dok? Saya sakit apa? Apakah itu penyakit atau hanya rasa cemas, sedih, dan stress sehingga membuat saya agak sulit bernafas dan dada tengah saya jadi sering sakit. Mohon jawabannya dok. Terima kasih.
    Kharisma Salsabila  Arief Tri
    Dokter

    Halo kharisma, terima kasih sudah bertanya di Alodokter

    Mengenai pertanyaan konsulatasi anda agak sulit bernapas, ada beberapa kondisi yang menyebabkan hal tersebut terjadi, diantaranya:

    • Asma merupakan penyakit peradangan dan penyempitan saluran pernapasan atas yang bersifat menahun/jangka panjang dan dapat menimbulkan sulit bernapas/sesak napas. Selain itu dapat disertai dengan nyeri dada, batuk dan adanya suara “nging”/mengi. Penyakit ini dapat terjadi pada semua usia
    • Sinusitis merupakan kondisi dimana terjadi peradangan atau infeksi rongga sinus. Rongga sinus ini terletak di belakang tulang dahi dan pipi. Gejala yang dirasakan berupa nyeri kepala terutama saat membungkuk, demam, hidung tersumbat atau keluar cairan melalui hidung yang berwarna kuning kehijauan, napas berbau.
    • Alergi merupakan reaksi sistem kekebalan tubuh yang berlebihan, dimana zat/allergen tersebut sebenarnya tidak membahayakan tubuh. Beberapa zat/allergen yang dapat menimbulkan reaksi alergi antara lain gigitan serangga, tungau, debu, bulu hewan, obat-obatan, makan tertentu serta serbuk sari. Gejala dari reaksi alergi yang dirasakan dapat berupa bersin-bersin, batuk, sesak napas, kemerahan pada kulit, pilek, gatal dan merah pada mata.
    • Penyakit asam lambung merupakan suatu kondisi yang terjadi akibat adanya gangguan pada lambung. Keluhan yang dirasakan berupa nyeri pada ulu hati, sensasi seperti terbakar di dada. Hal ini disebabkan karena naiknya cairan asam lambung melalui saluran pencernaan esophagus, sehingga akan menyebabkan iritasi pada dinding esophagus dan menimbulkan nyeri dada.

    Apabila keluhan yang ada rasakan ini masih berlanjut, disarankan untuk memeriksakan diri/berkonsultasi langsung dengan dokter, agar dokter dapat melakukan pemeriksaan pada kondisi anda sehingga dapat diberikan penangan yang tepat sesuai penyebab munculnya keluhan yang anda rasakan. Untuk mengurangi keluhan yang saat ini anda rasakan, ada beberapa hal yang dapat anda lakukan, antara lain:

    • Hindari kondisi-kondisi yang dapat menimbulkan keluhan tersebut terjadi seperti paparan zat/allergen (debu, asap, bulu hewan, udara dingin), stress atau cemas
    • Hindari makan-makanan pedas, asam, atau berlemak
    • Istirahat yang cukup dan menjaga pola makan sehat
    • Makan yang teratur dan rutin, jangan biarkan lambung kosong dalam jangka lama
    • Jangan berbaring setelah selesai makan

    Untuk menambah wawasan anda, berikut kami berikan artikel mengenai sesak napas, semoga bermanfaat

    dr. Arief T.W