Tanya Dokter

  • Pengobatan rabun jauh dan silinder

  •  anjuikhsan
    Anggota

    maaf dok... jika mata sza sudah silinder zg kanan 1,75 dan kiri 1 sudah tinggi atau belum tegolong sudah tinggi atau belum?... dan juga miopi kanan dan kiri 6.. pengobatannza gimana za dok`?... antisipasi agar tidak naik?

    Hai anjuikhsan,

    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    Normalnya, bentuk kornea adalah menyerupai permukaan bola, yakni bulat sempurna. Astigmatisma (silinder) muncul apabila bentuk kornea mata Anda tidak beraturan. Akibatnya, astigmatisma bisa membuat penderita tidak bisa melihat jelas bayangan obyek yang masuk (umumnya menjadi berbayang, miring, atau buram). 

    Astigmatisma dikategorikan menjadi 4, yakni ringan (kurang dari 1.00 dioptri), sedang (1.00 hingga 2.00 dioptri), tinggi (2.00 hingga 4.00 dioptri), dan ekstrim (lebih dari 4.00 dioptri). Jadi, kondisi Anda sesungguhnya masih tergolong sedang, bukan tinggi.

    Namun, karena keluhan Anda terjadi bersamaan dengan miopia (rabun jauh), maka keluhan bisa terasa lebih buruk. Hal ini bisa membuat Anda mengalami keterbatasan dalam beraktifitas akibat terkendala gangguan penglihatan.

    Sayangnya, hingga kini belum ada cara lain untuk menyembuhkan astigmatisma dan miopia kecuali melalui operasi. Oleh karenanya, Anda sebaiknya memeriksakan diri langsung ke dokter spesialis mata agar dilakukan penanganan lebih lanjut ya.. Bila Anda berniat menjalani operasi, dokter akan mengevaluasi, apakah Anda merupakan kandidat yang tepat atau bukan. 

    Selain operasi, astigmatisma dan miopia bisa juga dikoreksi (bukan diobati) dengan penggunaan kacamata khusus. Pemilihan kacamata ini pun idealnya dilakukan langsung dengan berdiskusi pada dokter spesialis mata. Dengan kacamata yang tepat, Anda bisa melakukan aktifitas dengan normal tanpa terkendala penglihatan, dan gangguan refraksi mata pun bisa dicegah agar tidak memburuk.

    Saat ini, di samping menggunakan kacamata, agar gangguan refraksi mata Anda tidak bertambah buruk, Anda sebaiknya menghindari membaca terlalu dekat, terlebih dalam kondisi pencahayaan yang kurang baik. Pastikan Anda mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi, terutama yang banyak mengandung vitamin A. Hindari menatap gadget terlalu lama (usahakan maksimal 2 jam perhari).

    Semoga membantu ya..

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah