Tanya Dokter

  • BAB disertai dengan darah merah segar

  • Selamat malam dok, saya sudah 2 minggu terakhir hamipir setiap hari bermalam di kantor untuk lembur, makan saya tidak teratur, kebanyakan mie instan, kopi, teh manis, bahkan air gula, kemarin saya dikasih oat, dan saya makan itu. Tadi siang saya BAB berdarah kira-kira kenapa penyebabnya ? dan apa saja kiat-kiat penanggulangannya ? karena selama ini saya merasa sehat sehat saja. 

    Halo Iqbal, terimakasih atas pertanyaannya untuk Alodokter

     

    BAB disertai dengan darah merah segar dapat disebabkan oleh beberapa kemungkinan, diantaranya adalah:

    1. hemoroid atau ambeien
    2. adanya sobekan atau luka pada anus (fisura ani)
    3. disentri atau infeksi usus oleh bakteri atau amuba
    4. penyakit peradangan saluran cerna (penyakit Crohn dan kolitis ulseratif)
    5. kolitis pseudomembran yang dapat muncul karena penggunaan antibiotik tertentu
    6. kanker usus besar

     

    Bila anda tidak mengalami gejala apapun selain perdarahan saat BAB, kemungkinan darah tersebut terjadi karena hemoroid. Hemoroid tidak selalu ditandai dengan munculnya nyeri dan benjolan pada anus, pada beberapa kasus hemoroid hanya ditandai dengan perdarahan saat BAB saja. Untuk dapat memastikan penyebabnya, ada baiknya anda memeriksakan diri anda ke dokter, terutama bila perdarahan tersebut terjadi terus menerus (saat anda BAB ataupun tidak), darah yang keluar sangat banyak dan tidak berhenti sendiri, serta bila anda mengalami gejala-gejala lain seperti demam, nyeri perut hebat, perut anda tampak membuncit dan teraba keras, terdapat mual dan muntah-muntah hebat, terdapat muntah kehitaman. Dokter akan dapat melakukan pemeriksaan secara langsung ataupun melakukan pemeriksaan penunjang tertentu misalnya pemeriksaan darah, pemeriksaan feses, ataupun kolonoskopi. Terapi akan disesuaikan dengan hasil temuan.

    Bila anda mengalami sulit BAB atau BAB keras sebelum perdarahan terjadi, berikut ini adalah beberapa hal yang dapat anda lakukan:

    1. Perbanyak makan makanan berserat
    2. Kurangi makan daging, makanan berlemak, dan gula
    3. Hindari konsumsi alkohol dan kafein
    4. Perbanyak minum air putih, minumlah setidaknya 2 liter sehari
    5. Olah raga teratur dan tingkatkan aktivitas anda sehari-hari
    6. Hindari duduk terlalu lama
    7. Jangan menahan keinginan BAB
    8. Bila feses anda sulit dikeluarkan, anda dapat mencoba menggunakan pelunak feses atau pencahar seperti laktulosa atau garam magnesium (garam inggris) untuk membantu anda BAB

     

    Sekian informasi dari saya, semoga cukup menjawab

     

    dr. irna cecilia