Tanya Dokter

  • Bagaimana cara mengatasi lemak di perut dan paha ?

  • Selamat Siang dok,

    saya Irin usia saya 22thn, saya mau tanya mengenai pola makan yang sehat untuk membentuk tubuh yang ideal. sekarang BB saya 55kg, TB saya 159cm. saya merasa tubuh saya kurang ideal dengan berat 55kg tersebut, karena saya pernah baca artikel kesehatan jika berat badan turun tapi bukan berarti lemak ikut menurun, itu apakah benar dok ? dan dari seluruh tubuh saya, yang sangat menganggu adalah perut dan paha. apa yang harus saya lakukan untuk mengurangi lemak di perut dan paha ? Diet yang baik untuk mengecilkan perut dan paha itu apa ya dok ?

     

     

    terimakasih.

    IRIN FITRIYANINGSIH
    Nov 09, 2017 at 11:55 AM

    Selamat Siang dok,

    saya Irin usia saya 22thn, saya mau tanya mengenai pola makan yang sehat untuk membentuk tubuh yang ideal. sekarang BB saya 55kg, TB saya 159cm. saya merasa tubuh saya kurang ideal dengan berat 55kg tersebut, karena saya pernah baca artikel kesehatan jika berat badan turun tapi bukan berarti lemak ikut menurun, itu apakah benar dok ? dan dari seluruh tubuh saya, yang sangat menganggu adalah perut dan paha. apa yang harus saya lakukan untuk mengurangi lemak di perut dan paha ? Diet yang baik untuk mengecilkan perut dan paha itu apa ya dok ?

     

     

    terimakasih.

     

    Halo Irin Fitriyaningsih,

    Dengan tinggi dan berat badan tersebut, masa indeks tubuh yang masih tergolong sehat bagi Anda adalah 50.3-63.0 kgm sehingga sebenarnya Anda masih dalam rentang ideal. Namun terkadang memang ada bagian tertentu yang membuat kita merasa tidak percaya diri karena timbunan lemak yang berlebih apda bagian tertentu.

    Tidak ada jalan pintas yang dapat mempertahankan bentuk perut yang rata dan paha  yang kencang,  kecuali memang bila secara genetik Anda sudah diciptakan seperti itu. Ada beberapa langkah yang ahrus diperhatikan.

    • Perhatikan keseimbangan nutrisi. Batasi kalori yang disebabkan oleh konsumsi karbohidrat dan gula. Selain nasi, minuman berwarna dan manis seperti soda, sirup , dll sebaiknya dihindari. Perbanyak konsumsi protein dan serat dari buah dan sayuran.
    • Minum air putih yang banyak, hal ini juga dapat mengurangi keinginan untuk minum-minuman manis.
    • Berolahraga! Banyak gerakan olah raga yang dapat dilakukan untuk membakar lemak-lemak di perut dan paha. Misalnya planking, push up, shit up, squat, dan berbagai gerakan kombinasi lainnya. Anda dapat berkonsulatsi langsung ke trainer profesional mengena hal ii. Selain itu, mengangkat beban yang cukup ringan  dengan gerakan yang berulang juga sangat efektif untuk melatih otot-otot agar tetap kencang. Agar tidak bosan, pilih kegiatan  yang dapat dilakukan berkelompok yang juga dapat melepaskan stres misalnya zumba, boxing atau muay thai. 

    Saat bobot kita berkurang, biasanya masa lemak pada tubuh juga  ikut hilang. Namun bukan berati orang yang kurus tidak dapat memiliki kadar lemak dalam darah yang tinggi. Hal ini sangat ditentukan oleh nutrisi dan gaya hidup.

    Saya juga menyarankan Anda untuk berkonsultasi langsung ke ahli gizi untuk menetapkan target penurunan berat badan dan menu makanan  untuk mencapai berat badan yang Anda inginkan. Perlu diingat bahwa Anda sebaiknya tetap menjaga berat badan Anda pada zona indeks tubuh yang ideal, dan menghindari diet yang ekstrim karena dapat berbahaya pada kesehatan. Berbagai jenis ganggaun makan seperti anoreksi dan bulimia dapat mengancam nyawa.

    Oleh karena itu, sebaiknya fokus Anda adalah untuk menjalani gaya hidup yang sehat dan dapat menghindarkan diri dari berbagai macam penyakit, bukannya sekedar  berfokus kepada penampilan saja.  Pikiran yang positif tentunya akan menbuat Anda terlihat lebih cantik dan menarik.

    Sekian, semoga bermanfaat

    Dr. Siti Rahmayanti