Tanya Dokter

  • bagaimana cara mengurangi gatal pada telinga anak?

  •  Heri Pujianto
    Anggota

    dok..sy mau tanya..anak sya umur 27bulan..suka sekali mengaruk telingax ketika gatal hingga luka bagian pingirnya da mengeluarkan cairan...pdhl anak sy tdk demam batuk maupun pilek..apakah berbahaya dok..trs bgaimana cra mengatasix..sdh sy ksi obt tetes..tp sm anak sy slalu dgaruk n cairan trsbt kluar lg...tlong infonya y dok..

    Hai Heri, Pada umumnya anak mengalami beberapa gangguan kulit. Mulai dari gatal, kemerahan hingga ruam. Penyakit kulit pada anak yang ditandai dengan gejala gatal-gatal dapat terjadi karena beberapa hal seperti berikut ini:

      Alegi yang ditandai dengan timbul kemerahan dan gatal secara tiba-tiba bisa terjadi karena alergi debu, makanan, perubahan cuaca, bulu dan serangga. Biasanya reaksi kulit karena alergi akan langsung menimbulkan kemerahan dan rasa gatal baik di seluruh tubuh maupun di sebagian area tubuh. Untuk mengetahui penyebab alerginya anda harus mencari tahu pemicunya. Anda harus mengingat-ingat kapan gatal pada anak anda timbul. Apakah setelah memakan seusatu, atau sehabis kontak dengan sesuatu seperti bulu binatang dan apakah anak anda sehabis memakan makanan yang mengandung protein hewani yang tinggi.Eksim yang biasanya terjadi kemerahan pada muka, tangan, kaki, dan seluruh tubuh. Ciri yang paling menonjol adalah kemerahan di sekitar leher, siku, lutut, pergelangan kaki dan kelopak mata. Eksim biasanya disebabkan oleg faktor genetik. Kemerahan pada eksim akan disertai rasa gatal yang tidak tertahankan.Ruam panas akan terlihat seperti kemerahan dan bintik-bintik merah pada kulit anak yang disebabkan oleh cuasa panas dan lembab.
     
      Ruam akibat diaper biasanya terjadi karena pemakaian diaper yang kurang higienisKulit kepala bersisik yang disebabkan oleh produksi kelenjar minyak yang berlebihan
    Untuk mengetahui penyebab yang pasti anda dapt mengunjungi dokter sehingga dapat dilakukan pemeriksaan lanjutan terhadap anak anda dan dapat diberikan pengobatan yang sesuai dengan penyebabnya. Disarankan untuk tidak memberikan pengobatan sendiri terhadap anak karena obat-obatan pada anak harus diberikan dengan dosis yang sesuai. Jika bekas garukan luka maka anda dapat mengolesan betadine. Anda dapat melakukan hal-hal di bawah ini saat anak anda mengalami gatal:
    • Alihkan perhatian anak anda agar tidak menggaruk-garuk karena dengan menggaruk akan timbul luka yang akan meyebabkan infeksi yang berkelanjutan
    • Mencatat makanan apa saja yang dimakanan anakk anda dan membedakan mana makanan yang membuat gatalsemakin menjadi-jadi dan mana yang tidak.
    • Jaga kebersihan anak anda seperti mandi 2 kali sehari dan cepat membersihkan tangan sehabis bermain.
    Anda dapat membaca artikel di bawah ini: Risiko penyakit serius di balik gatal Semoga membantu dr.Yosephine U L Simanungkalit