Tanya Dokter

  • Cara mengontrol gula darah penderita diabetes

  • Halo dokter, kakek saya menderita diabetes sudah beberapa tahun yang lalu. Pada 10 Mei 2018 cek darah di laboratorium dan hasilnya : Glukosa Puasa 389 mg / dL, Glukosa Puasa 2 Jam PP 499 mg / dL, hbA1c (NGSP) 17,7 %, dan hbA1c (IFCC) 170 mmol / mol. Menjalani terapi dengan obat Glimepiride 2mg dan Metformin 500mg. Sekarang Glukosa Puasa sudah 171 mg / dL. Saya ingin bertanya, berapa batas bawah dan atas glukosa supaya aman? dan apabila batas sudah tercapai apa yang harus saya lakukan? Terimakasih.

    pamurtyadita.sd  dr. Budiono
    Dokter

    Hai Pamurtyadita,

     

    Diabetes melitus biasa disebut sebagai kencing manis merupakan penyakit gangguan metabolisme glukosa (gula) yang berlangsung kronis dan ditandai dengan profil kadar gula darah diatas normal. 

    Diabetes dibagi menjadi dua kategori yakni :

    Diabetes tipe 1 yaitu diabetes yang terjadi akibat organ pankreas tidak dapat memproduksi hormon insulin (insulin dependant diabetes melitus/IDDM)

    Diabetes tipe 2 yaitu diabetes yang terjadi akibat organ pankreas memproduksi insulin dalam jumlah yang tidak mencukupi atau terjadi resistensi hormon insulin 

     

    Diabetes melitus merupakan penyakit yang tidak dapat disembuhkan tetapi dapat dikontrol. Kontrol kadar gula dilakukan dengan pemeriksaan gula darah baik di laboratorium atau pemeriksaan kadar gula mandiri. Target umum pemeriksaan kadar gula darah bagi pasien diabetes yakni gula darah puasa <100md/dl dan gula darah sewaktu <140mg/dl. Sedangkan untuk kadar HbA1C menentukan seberapa efektif pengontrolan kadar gula darah dengan pengobatan, umumnya diharapkan kadar HbA1C <7,0. Target ini bergantung kepada kondisi masing-masing pasien dan tujuan pengobatan yang ingin dicapai dari pengobatan pasien, karena itu untuk dapat memastikannya sebaiknya anda menanyakan pada dokter yang merawat kakek anda. 

     

    Mengontrol kadar gula bertujuan mencegah perkembangan penyakit dan komplikasi yang lebih serius di kemudian hari. Mengontrol kadar gula pada pasien diabetes meliputi perubahan gaya hidup dan konsumsi obat pengatur kadar gula darah, termasuk pemberian suntikan insulin sesuai indikasi. Beberapa anjuran yang dapat dilakukan :

    -Melakukan olahraga ringan secara rutin

    -Mengontrol pola makan dengan baik dengan membatasi kandungan glukosa / gula dalam makanan dan minumannya

    -Rutin melakukan monitor kadar gula darah

    -Minum obat sesuai instruksi dokter. 

    -Hindari mengehentikan/mengganti pengobatan sendiri sebelum berkonsultasi dengan dokter

     

    Berikut artikel terkait Diabetes

     

    Semoga bermanfaat

    Salam, dr. Budiono