Tanya Dokter

  • Pengobatan untuk penyumbatan saluran empedu

  • Assalamu'alaikum.. Keluarga saya ada yang sakit.. Sama dokter divonis penyumbatan saluran empedu dan harus segera di lakukan operasi.. Dan karena sudah BAB dan muntah berwarna Hitam jadi HB nya turun.. Lalu di transfusi darah. Transfusi pertama Hb nya naik namun belum stabil,lalu transfusi lagi kok malah tambah turun.. Ada apa ya dok?

    Rizkiana Putri  dr. Danny
    Dokter

    Hai.

    Penyumbatan saluran empedu merupakan suatu keadaan yang dapat berakibat fatal jika tidak ditangani secara medis. Penyumbatan batu empedu dapat menyebabkan terjadinya peradangan pada kandung empedu. Penyumbatan pada kandung empedu dapat menyebabkan gejala seperti rasa nyeri pada perut, demam, dapat disertai dengan badan menjadi kuning. Penyumbatan kandung empedu dapat menyeabkan terjadinya perforasi atau pecah kandung empedu. 

    Jika keluarga anda muntah berwarna hitam, maka hal tersebut mungkin menunjukkan adanya suatu perdarahan pada saluran cerna. Perdarahan pada saluran cerna tersebut biasanya cukup berat sehingga dapat menyebabkan HB turun. Jika hb yang turun cukup berat maka biasanya diperlukan tindakan transfusi darah. Namun setelah transfusi darah, maka Hb dapat saja masih dapat turun lagi dan tidak naik. Hal tersebut dapat disebabkan salah satunya karena masih aktifnya perdarahan pada saluran cerna. Selama perdarahan saluran masih aktif,maka biasanya hb akan dapat menurun terus.

    oleh karena itu, untuk menentukan keadaan yang sebenarnya terjadi pada keluarga anda, maka sebaiknya anda menanyakan langsung kepada dokter yang merawat, dengan demikian dokter dapat memberikan penjelasan yang tepat sesuai dengan keadaan pasien. Penyumbatan kandung empedu pada umumnya memerlukan suatu tindakan operasi.

    berikut artikel yang dapat anda baca mengenai Operasi angkat kandung empedu

    semoga bermanfaat. Terimakasih

    dr.danny