Tanya Dokter

  • Cara perawatan luka bakar akibat terkena knalpot

  • Selamat malam dok, maaf mengganggu. Dok, 2hari yang lalu kaki saya terkena knalpot, dan kulitnya terkelupas. Dan ini saya kesulitan memakai celana yang panjang, waktu sholat luka ini Saya tutup memakai kain kasa, setelah itu saya buka namun kain kasanya malah menempel. Dok, bagaimana ya solusinya menutup luka saya, padahal besok saya memakai jarik dan nanti luka saya tersenggol senggol kain jariknya. Atas jawabannya saya ucapkan Terimakasih dok.

    Halo, terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Luka bakar yang Anda alami pada fase awal memang akan sedikit basah. Seiring berjalannya waktu luka akan mengering. Hal yang perlu diperhatikan adalah menjaga luka agar tetap bersih agar terhindar dari infeksi dan mempertahankan kelembaban luka agar mempercepat penyembuhan.

    Luka perlu dijaga kebersihannya. Luka sekecil apapun tetap memiliki resiko terjadi infeksi. Untuk menjaga kebersihannya, luka harus dirawat setiap hari. Saat membersihkan luka, bisa menggunakan air bersih yang dicampur antiseptik atau cairan infus NaCl 0.9%. Setelah itu bisa menggunakan salep antibiotik yang dioleskan pada luka dan tutup luka dengan kasa bersih. Luka sebaiknya ditutup agar tidak kotor. Kasa kemudian diganti setiap hari atau apabila kasa kotor dan basah.

    Kasa yang menempel pada luka merupakan hal yang normal. Anda bisa membasahi kasa dengan cairan pembersih luka saat mengganti kasa. Atau menggunakan jaring khusus yang diaplikasikan pada permukaan luka sebelum luka ditutup dengan kasa. Saat ini juga tersedia penutup luka atau wound dressing modern yang lebih tepat digunakan sebagai penutup luka dibandingkan kasa.

    Apabila Anda merasa khawatir atau ragu untuk melakukan perawatan luka, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter. Awasi tanda dan gejala infeksi pada luka, seperti luka yang lama mengering, luka membengkak, keluar nanah, kulit kemerahan di sekitar luka, nyeri dan demam, sebaiknya segera menghubungi dokter.

    Demikian informasi yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat.