Tanya Dokter

  • penjelasan dan pengobatan untuk infeksi oportunistik

  •  Mirda Mirda
    Anggota

    apa yang di maksud infeksi oportunistik bakteri

    Halo saudari Mirda,

    Infeksi oportunistik adalah infeksi yang terjadi pada pasien dengan daya tahan tubuh yang lemah, tubuh sulit memproduksi sistem imun yang poten untuk membasmi berbagai kuman penyakit sehingga bakteri, virus, jamur, dalam jumlah yang kecil atau jenis kuman yang umumnya tidak bersifat berat dapat menginfeksi tubuh menjadi sulit sembuh bahkan bermanifestasi lebih berat hingga membahayakan.

    Pasien yang rentan infeksi oportunistik umunya seperti :  penderita HIV-AIDS, Diabetes militus atau kencing manis, Penderita keganasan (kanker) seperti Leukimia. Atau pada penderita gangguan nutrisi seperti Anak gizi buruk, Dewasa yang malnutrisi dan lansia.

    Contoh penyakit oportunistik yang sering menyerang adalah : Penyakit kulit seperti jamuran dikulit yang luas dan sulit sembuh, hingga sariawan atau candidiasis (jamuran) dimulut. Diare kronis (lama terjadi dan sulit sembuh) akibat infeksi bakteri atau virus hingga jamur diusus sulit teratasi. Penyakit paru seperti tuberkulosis, pneumonia atau radang sel paru.

    Komplikasi lebih lanjut dapat menyebabkan Sepsis atau infeksi berat, hingga Syok dan kegagalan sistem organ.

    Pengobatan yang diberikan sesuai penyebab seperti antibiotik, obat antiradang, dan pemberian nutrisi yang adekuat baik infus atau makanan minuman. Bila pasien dalam keadaan terminal, penting untuk memberikan rasa nyaman pada pasien.

    Makanlah makanan bergizi, gunakan masker pelindung bila berpergian, rajin mencuci tangan dengan sabun, cukup istirahat dan hindari bergadang. makanlah makanan yang terjaga kebersihannya. Makanlah buah atau bila perlu suplemen untuk antioksidan dan meningkatkan daya tahan tubuh. Hindari kontak lama dengan penderita sakit tertentu dikhawatirkan menular dan merugikan pasien. semoga bermanfaat

    klik artikel : Infeksi oportunistik