Tanya Dokter

  • penanganan untuk balita usia 1 tahun yang tersiram air panas

  • Malam Dokter Saya mau tanya,keponakan saya berusia 1.7 Tahun tersiram air panas dari seduhan air teh, kondisi sudah malam. Apa yang harus saya lakukan? karena klink dokter sudah pada tutup. apakah boleh membiarkan semalaman sampe besok paginya berobat ke dokter? saya juga minta solusi pertolongan pertama apabila terkena siraman air panas di malam hari, karena kalau pagi2 atau jam kerja dokter saya akan ke klinik Mohon solusinya Terima kasih.

    Halo Tn Hadi,

    Penanganan luka tersiram air panas atau luka bakar pada anak perlu pemeriksaan derajat keparahan kerusakan seperti kemerahan lapisan permukaan kulit, lebih lanjut kemerahan permukaan kulit disertai melepuh, berikutnya melepuh, merah dengan kulit yang mnengelupas sehinggatampak bagian kulit yang lebih putih, lebih lanjut bila luka bakar atau panas menyebabkan kerusakan tulang dan sendi maka dapat mengakibatkan gangguan pergerakan atau kecacatan. Berikutnya luas luka bakar.

    Pertolongan pertama yang harus dilakukan adalah siram luka dengan air keran suhu ruangan yang mengalir sekitar 15-20menit lalu balut dengan kassa steril atau kain bersih yang dibasahi air bersih. Hindari kontaminasi air tercemar, bebaskan bagian luka dari pakaian, pertolongan pertama nyeri dapat dengan konsumso paracetamol sirup sesuai aturan pakai. Tidak perlu mengoleskan bahan seperti pasta gigi pada permukaan kulit terutama bila telah terbuka karena berbahaya iritasi bahkan infeksi. Bila ada salap antibiotik maka sementara dapat digunakan sebelum dibawa kerumah sakit.

    Penting untuk segera bawa anak ke igd terdekat, pemeiksaan lanjutan oleh dokter, pemberian cairan dan pengobatan luka penting untuk mencegah infeksi atau kecacatan bila luka bakar/akibat air panas menyebabkan kerusakan otot, hingga sendi. Pengobatannya dokter dapat gunakan bahan salap mengandung silver sulphadiazine. Klik artikel : luka bakar anak. Luka bakar