Tanya Dokter

  • bantu saya dok!

  •  Devi Ardila
    Anggota

    hallo,assalamualaikum wr.wb dokter. saya dear, umur masi 15 tahun. saat ini kelas 3 SMA. saya ingin menanyakan sesuatu. saya memiliki beberapa keluhan.saya sering merasa kelelahan, kepala saya terkadang suka berdenyut² dan suka sekali terasa sakit sampe ke jantung.jantung saya terkadang memiliki ritme yang cepat ketika terkejut kadang pula saya merasa ritme jantung lambat diikuti keringat dingin bercucuran dari tangan hingga ujung kaki.terkecuali punggung. tangan saya terasa seperti berada di tempat bersuhu rendah seperti es. hal yang sangat sepele terkadang suka membuat saya shok sendiri apalagi masalah besar yang pernah saat itu saya alami. reaksi tubuh saya begitu buruk,bahkan saya tidak bisa menggambarkan.saya seperti kedinginan,baju yang saya pakai basah oleh keringat.bibir saya dingin dan bergetar hebat. saya ingin melakukan pemeriksaan tapi saya sendiri masi merasa takut. apa bisa dokter memberikan saya gambaran sebelum melakukan pemeriksaan? terimakasih untuk sebelumnya dok. wassalamualaikum wr.wb

    Hallo Devi

    Merasa lelah tidak selalu disebabkan oleh adanya masalah kesehatan, apalagi jika memang aktivitas yang dilakukan oleh Devi cukup padat dan banyak disertai dengan kurangnya waktu tidur. Detak jantung menjadi cepat dapat dipengaruhi oleh berbagai macam faktor seperti misalnya kaget, ketakutan, cemas, khawatir, marah, malu. Selain itu mengkonsumsi makanan/minuman yang mengandung kafein tinggi seperti kopi, coklat, dan teh juga dapat membuat detak jantung menjadi lebih cepat dan atau kencang.

    Sedangkan dari aspek masalah kesehatan yang mempunyai gejala berupa detak jantung yang cepat, contohnya adalah gangguan irama jantung (aritmia), keracunan, anemia, hipoglikemia (kadar gula darah rendah), gangguan hormon tiroid, merokok, penggunaan narkotika, penggunaan alkohol, dan penyakit jantung.

    Sebagian besar dari penyebab diatas termasuk faktor psikologis tak jarang menyebabkan keluhan jantung berdebar-debar kencang tersebut disertai dengan tangan dan kaki menjadi dingin serta keringat berlebihan.

    Sulit memastikan apa yang Devi alami, mengingat bahwa keluhan tersebut masih terlalu umum dan belum mengarah kepada suatu kondisi medis tertentu, itulah mengapa pemeriksaan secara langsung diperlukan untuk bisa menggali lebih banyak informasi. Maka itu Devi tidak perlu takut untuk memeriksakan diri ke dokter.

    Semoga bermanfaat

    dr. Arnold