Tanya Dokter

  • Dada terasa panas hingga tenggorokan pada penderita batu empedu

  •  Sari4
    Anggota

    Selamat dokter...saya mau tanya kemarin saya sempet di rawat krna sakit types dan dokter juga menyarankan USG yg mengetahui apakah ada batu empedu ternyata ada batu empedu dgn ukuran.kecil" tapi saya kurang tau kecil brap ukuran?...trus kenapa akhir ini saya seperti merasakan Kya asam lambung saya naik dan terasa sekali panas di dada sampai tenggorokan....jdi sangat menggangu tidur saya malam dok.memang dok,saya lagi nyoba air kelapa ijo di bakar memang ada bedanya di sebelah kanan atas sudah tdk terasa sakit tapi kenapa skrng dilambungkan ya dok.....saya mohon bantuannya dok...terima kasih

    Halo, terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Batu empedu terbentuk pada saluran empedu. Sebagian besar batu empedu terbentuk karena timbunan kolesterol di dalam cairan empedu. Faktor resiko terjadinya batu empedu antara lain usia diatas 40 tahun, jenis kelamin perempuan, pengaruh berat badan, dan pernah melahirkan.

    Sebagian besar penderita batu empedu tidak memiliki gejala. Gejala muncul jika batu menyumbat saluran kantong empedu. Gejala batu empedu antara lain nyeri perut bagian kanan atas atau tengah, nyeri juga menjalar hingga ke pundak, dan mual muntah. Pada beberapa kasus, gejala yang muncul tidak spesifik dan mirip dengan gejala pada gangguan asam lambung seperti sering bersendawa dan perut kembung. Walaupun gejalanya mirip, namun gejala yang timbul tidak mereda setelah diberikan obat-obatan untuk mengatasi gangguan asam lambung (contohnya antasida).

    Untuk itu, sebaiknya gejala yang Anda alami diperiksakan langsung ke dokter spesialis bedah. Adapun pemeriksaan penunjang lain yang mungkin diperlukan misalnya tes darah, CT Scan, atau MRI. Pada kasus batu empedu yang menimbulkan gejala, kondisi ini dapat ditangani dengan prosedur medis yaitu operasi untuk mengangkat kantong empedu yang disebut kolesistektomi.

    Berikut artikel yang sesuai pertanyaan Anda di https://www.alodokter.com/batu-empedu

    Demikian informasi yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat.