Tanya Dokter

  • Carar mengatasi batu empedu dan peningkatan sel darah putih

  • dok, kemaren saya baru konsul dgn dokter spesialis penyakit dalem, habis di USG & di cek darah + urine, katanya batu empedu saya masih kecil.. apakah itu bahaya bgt gk ya dok? apalagi saya ini suka asam lambung naik, kmrn sempet kambuh dan masuk UGD karna gakbisa nafas rasanya kyk mau mati dok, dan siang cek darah leukositnya masih 8 pas malem yg masuk UGD leukositnya jadi 12 dok.. itu bagaimana dok?

    Halo Alestina, Terima kasih atas pertanyaannya.

    Batu empedu adalah batu yang terbentuk di dalam kantung empedu yang kebanyakan terbentuk oleh kolesterol. Penderita batu empedu pada umumnya tidak mengalami gejala kecuali jika batu ini berukuran cukup besar dan menyebabkan penyumbatan pada saluran empedu. Seseorang memiliki risiko lebih tinggi mengalami batu empedu jika berjenis kelamin wanita, berusia 40 tahun ke atas, memiliki berat badan berlebihan, dan wanita yang pernah melahirkan. Pada umumya jika batu empedu berukuran kecil dan tidak menyebabkan gejala pada penderitanya maka kondisi ini tidak memerlukan penanganan medis khusus. Batu empedu perlu lebih diwaspadai jika sudah menimbulkan gejala. Penanganan yang disarankan oleh dokter pun bervariasi mulai dari obat-obatan hingga pengangkatan kantung empedu. Bila kondisi ini tidak ditangani dengan tepat, penderitanya dapat mengalami komplikasi yang berupa peradangan/ infeksi pada kantung empedu dan saluran empedu serta dapat menyebabkan terjadinya sakit kuning.

    Sel darah putih/ leukosit adalah sel darah yang berfungsi untuk melawan infeksi. Jumlah leukosit yang meningkat pada umumnya menandakan infeksi di dalam tubuh. Tetapi hasli pemeriksaan ini tidak dapat berdiri sendiri karena harus disesuaikan dengan keluhan penderita dan pemeriksaan fisik dokter. Silakan Anda konsultasikan hasil pemeriksaan ini dengan dokter yang sudah memeriksa Anda.

    Semoga informasi ini berguna.

    Dr. Aloisia