Tanya Dokter

  • Cara menyembuhkan batu empedu selain operasi

  •  Kenzie Rey
    Anggota

    Selamat siang dok dokter.. ini ud 1,55cm dan ad terdapat muliple bladder Dan ktnya hrs dioperasi,, dan apakah dokter tau cara penangannya iika pake obat saja??? Sy masih tkt buat dioperasi dok,, trs srg skt sy pake ibt braxidin buat penahannya dok,, gimana ya dok,, thx

    Hai Kenzie, Cairan empedu merupakan cairan yang beradadi dalam kantong empedu berfungsi untuk mencerna lemak yang masuk ke dalam tubuh. Jika cairan empedu ini mengeras maka akan timbul batu empedu. Batu empedu yang ada di kantong empedu dapat berukuran kecil sampai sekecil pasir dan sampai seukuran bola pingpong. Jumlahnya juga sangat bervariasi, ada yang berjumlah satu dan ada pua yang berjumlah lebih dari satu. Batu empedu terbentuk akibat penimnunan kolesterol di dalam cairan empedu. Pada umumnya batu empedu ini tidak menimbulkan keluhan sehingga tidak memerlukan penanganan khusus. Namun jika batu empedu terjadi pada saluran empedu, dapat terjadi keluhan seperti nyeri perut kanan atas yang disebut dengan kolik bilier. Faktor risiko terjadinya batu empedu:

    • Faktor usia, diatas 40 tahun meningkatkan risiko terbentuknya batu empedu
    • Wanita lebih sering mengalami batu empedu dibanding pria
    • Dampak melahirkan karena diduga akibat penumpukan kolesterol pada saat perubahan hormon saat kehamilan
    • Berat badan berlebih (obesitas)
    Pengobatan batu empedu tergantung pada tahap batu empedu yang anda alami. Pada tahap awal biasanya dokter aan lebih menyarankan pola hidup yang sehat. Namun jika kadar kalsium di kantong empedu anda tinggi juga akan dianjurkan melakukan pengobatan karena keduanya dapat memicu kanker kantong empedu. Begitupun jika terdapat penyakit yang dapat meningkatkan kejadian komplikasi seperti sirosis, diabetes atau hipertensi portal, sebaiknya dilakukan pengobatan. Pada tahap lanjut, akan sering dirasakan nyeri di bagian perut kanan atas. Namun frekuensi nyeri yang dirasakan akan bervariasi. Jika anda merasa nyeri perut jarang muncul dan nyeri yang dirasakan adalah nyeri ringan, maka dapat diatasi dengan obat pereda nyeri (analgesik), namun jika nyeri yang anda rasakan sangat hebat dan sering muncul, dokter biasanya akan menyarankan untuk melakukan pengangkatan empedu. Obat yang bisa memecahkan batu empedu yang masih berukuran kecil disebut asam ursodeoksikolat. Namun obat ini jarang direkomendasikan karena keefektifannya yang rendah, pasien harus meminum dalam jangka waktu lama dan batu empedu bisa muncul kembali jika obat dihentikan. Prosedur pengangkatan kantong empedu dapat dilakukan dengan  beberapa metode seperti operasi terbuka, laparoskopik, dan ERCP. Untuk memutuskan penanganan apa yang sebaiknya dilakukan akan ditentukan oleh dokter yang melakukan pemeriksaan terhadap anda. KArena metode pengobatan tergantung pada keadaan anda dan keadaan batu empedu dan kantong empedu anda. Ada baiknya anda mengikuti saran dokter agar penanganan yang dilakukan sesuai dengan keadaan anda saat ini. Namun, anda mempunyai hak untuk mencari "second opinion" atau menanyakan ke dokter lain tentang keadaan anda dan penanganan yang terbaik yang harus anda lakukan. Untuk mencegah batu empedu anda semakin besar dan mencegah batu empedu terbentuk, anda dapat melakukan tips-tips di bawah ini:
    • Kurangi mengkonsumsi makanan berlemak
    • Mengubah pola makan dan sebaiknya menjaga berat badan ideal
    • hindari mengkonsumsi minuman beralkohol
    • Hindari melakukan penurunan berat badan secara drastis
    Anda dapat membaca artikel di bawah ini: Batu empedu Semoga membantu dr. Yosephine U L simanungkalit

    Kenzie Rey  Hanaa
    Anggota