Tanya Dokter

  • Batuk tak kunjung sembuh pada bayi dengan diagnosa bocor jantung

  •  merry chien
    Anggota

    Selamat pagi Dok..

    saya mau tanya, kenapa bayi saya yg sekarang 6 bulan batuk nya semakin parah n gak sembuh2 ya sudah hampir mau 2 bulan. 

    dia di diagnosa ada bocor pada jantung nya VDA 1 cm dan harus operasi. 

    cm knp malah batuk ya dok?? 

    lalu apa boleh imunisasi DPT 3 dan campak? 

     

    Halo Merry, Terima kasih atas pertanyaannya.

    Patent ductus arteriosus (PDA) adalah salah satu kelainan jantung bawaan yang mana ductus arteriosus (saluran yang menghubungkan pembuluh darah arteri paru-paru dan aorta bayi) tidak menutup ketika bayi lahir. 

    Sebelum lahir, ductus arteriosus diperlukan untuk sirkulasi darah bayi. Ductus arteriosus mengalirkan darah dari paru-paru bayi ketika mereka berkembang, dan bayi menerima oksigen dari sirkulasi ibu. Setelah lahir, ductus arteriosus biasanya menutup dalam dua atau tiga hari. Pada bayi prematur, ductus arteriosus membutuhkan waktu lebih lama untuk menutup. Jika ductus arteriosus  tetap membuka maka terjadilah PDA. PDA menyebabkan terlalu banyak darah bersirkulasi ke paru-paru dan jantung bayi. Jika kondisi tidak segera ditangani, dengan banyaknya darah yang mengalir ke paru-paru, tekanan darah di paru-paru bayi akan meningkat (hipertensi pulmonal) dan lebih lanjut, jantung bayi akan menerima beban yang lebih besar dan melemah (terjadi gagal jantung).

    Penderita PDA akan lebih mudah terkena infeksi saluran pernapasan. Meningkatnya tekanan pada paru-paru dan terjadinya gagal jantung juga dapat memberikan gejala batuk. 

    Vaksinasi pada umumnya dapat diberikan pada semua anak walaupun anak tersebut menderita penyakit jantung bawaan. Namun, jika dokter merencanakan tindakan operasi, tindakan vaksinasi harus ditunda. Pada umumnya jika penderita akan menjalani operasi jantung, maka penderita tidak disarankan untuk menjalani vaksinasi 4 minggu sebelum operasi hingga beberapa minggu sesudah operasi. Silakan Anda konsultasikan keluhan anak Anda lebih lanjut dengan dokter spesialis anak dan dokter spesialis jantung yang menangani anak Anda. Diskusikan dengan dokter jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut.

    Semoga informasi ini berguna.

    Dr. Aloisia