Tanya Dokter

  • Batuk berdahak disertai darah lebih dari satu minggu

  • Selamat malam dokter, saya sakit batuk dahak berdarah. Batuk berdarah saya sdh sejak tahun lalu bulan september, waktu itu sakit lebih 1 minggu, gejala hanya batuk dahak berdarah, tidak disertai keluhan sakit yg lain (demam, turun berad badan). waktu itu saya sudah priksa di Rumah Sakit Panti Rapih Yogyakarta, diduga TBC tapi tidak terbukti dari hasil ronsen dan tes lab dahak negatif virus tb, selama pemeriksaan (4x ke rumah sakit priksa) hanya diberikan obat vitamin dan antibiotik, sambil istirahat semingguan itu sakit batuk dahak berdarah itu berhenti tanpa penjelasan penyakit apa yg diderita.

    Kemudian hari kemarin saya batuk dahak berdarah lagi (banyaknya dahak berdarah kurang lebih 100 ml atau setengah kemasan air gelas) pemicu batuk makan mie instan (indomie). saya bingung sakit saya apa dan saya harus berbuat apa Dokter? saya laki-laki berumur 22

    Halo

    Batuk di sertai darah bisa disebabkan oleh berbagai hal seperti:

    • Infeksi tuberkulosis
    • Keganasan saluran nafas
    • Perdarahan saluran cerna

     

    Infeksi tuberkulosis utamanya pada paru-paru dapat menimbulkan adanya batuk berdahak yang disertai darah dikarenakan terjadi kerusakan pada jaringan paru-paru. Keganasan pada saluran nafas juga dapat menimbulkan batuk yang disertai darah, dimana keganasan ini bisa terjadi pada bagian atas, tengah ataupun paru-paru. Perdarahan pada saluran cerna juga bisa menimbulkan batuk atau muntah disertai darah. Dimana perdarahan ini bisa saja berasal dari kerongkongan ataupun lambung.

    Ada baiknya anda kontrol kembali ke dokter anda, atau ke dokter spesialis paru-paru sambil membawa semua pemeriksaan yang telah anda lakukan. Nantinya dokter akan menanyakan riwayat anda dan melakukan pemeriksaan langsung. Bisa jadi juga, dokter akan melakukan pemeriksaan tambahan lain yang dibutuhkan seperti USG atau yang lainnya untuk mengetahui apa yang menjadi penyebab keluhan anda. Karena memang ada beberapa penyakit yang memang membutuhkan kontrol secara berkelanjutan untuk menemukan penyebabnya. Jadi, ada baiknya anda terus kontrol ke dokter sampai dengan ditemukan penyebab keluhan yang anda alami. Terapi akan disesuaikan dengan apa yang anda alami nantinya.

    Semoga membantu.