Tanya Dokter

  • Batuk dahak sudah 4 bulan disertai tulang terasa ngilu dan lemas

  •  Bayu Brado
    Anggota

    Halodok,saya mengalami batuk sudah hampir 4 bulan tapi tidak sembuh jugak. Batuk saya berdahak, namun tbeberapa bulan ini saya terasa lemas, kurang napsu makan, dan terasa sakit tulang belakang saat duduk bagaimana dok? Saya tergolong sakit apa ? Dan penyembuhannya. Makasih halodok

    Halo, terimakasih atas pertanyaan yang Anda sampaikan.

    Saran pertama saya : kunjungi dokter.

    Batuk yang mencapai 4 bulan sebaiknya jangan dianggap remeh, terlebih jika berdahak, dan terdapat gejala konstitusional seperti lemas, penurunan nafsu makan, demam, dan lebih-lebih penurunan berat badan.

    Batuk kronik seperti ini harus ditelusuri lebih lanjut penyebabnya. Wawancara medis yang detil perlu dilakukan, demikian pula dengan pemeriksaan fisik harus dikerjakan untuk membantu mengarahkan diagnosis. Pada kebanyakan kasus, pemeriksaan penunjang seperti rontgen dada, spirometri dan pemeriksaan dahak adalah pemeriksaan penunjang yang paling banyak dilakukan dalam upaya mendiagnosis keluhan semacam ini. Pemeriksaan lain dapat dilakukan sesuai indikasi / temuan selanjutnya. berbagai kondisi seperti tuberkulosis, asma, bronkitis, sampai keganasan paru-paru dapat menyebabkan keluhan seperti ini.

    Untuk sementara anda dapat menggunakan obat batuk berdahak seperti OBH, atau obat yang mengandung guaifenesin / glyceryl guaiacolate, ambroksol, bromheksin, atau n asetil sistein untuk membantu mengeluarkan dahak. jangan menggunakan antitusif / penekan batuk semacam kodein, dekstrometorphan atau noskapin karena akan  menyebabkan dahak sulit keluar dan terjadi penumpukan dahak di saluran nafas.

    Jika diperlukan maka konsultasi / rujukan ke dokter spesialis penyakit dalam atau dokter spesialis paru mungkin diperlukan

    batuk kronis

    Demikian yang dapat saya sampaikan, ssemoga bermanfaat.

     

    dr. Lili