Tanya Dokter

  • Mengatasi bayi sulit tidur akibat sering sendawa

  • Halo dokter,, Saya mau bertanya baby aja umur 3 bulan dulu sempat kolic dan saya pun diet diary product... Dan sempat saya k dsa ( beliau bilang ga perlu diet makan apa aja boleh asal jangan berlebihan.. ) sampai saat ini saya cuma mnum yakult saja itu pun jarang... Diet dairy maupun tidak diet kondisi anak saya sama. Skrg kalau mau tidur siang mesti di gendong dok karena sendawa nya banyakk sekali glekk glekk glekk terus seperti air mengalir d tenggorokan.. klo siang d gendong lalu di tidurkan di ranjang hanya bertahan 5-30 menit saja dok.. Malam pun begitu dokk tetap bermasalah dengan sendawanya glek glek glek... baby ngantuk kucek2 mata tetapi kepala kaki tegang.. n selau gemesann masukin tangan k mulut kaki naikan k perut... sejauh ini bab dan buang angin normal2 saja dok.. Saya takut dengan kurangnya jam tidur anak saja nanti perkembangan otaknya jdi terganggu dok.. Apakah say perlu melalukan pengecekan lebih lanjut trhadap anak saya?? Kira2 bayi 3 bulan tidur 1 hari 10 jam normal tidak dok?? Saya panik takut anak saya kenapa2 dok.. terima kasih

    Halo Fransiska, Terima kasih atas pertanyaannya.

    Bersendawa merupakan hal yang normal yang tidak perlu terlalu dikhawatirkan. Bayi perlu bersendawa untuk mencegha perut kembung, meringankan kolik, dan meringankan gejala asam lambung berlebih. Bayi yang mengkonsumsi susu dari botol lebih sering bersendawa karena botol susu mengandung lebih banyak gelembung udara. Anda dianjurkan untuk membuat bayi Anda bersendawa kapan pun bayi Anda terlihat tidak nyaman atau rewel terutama setelah makan. Anda dapat mencoba untuk membuat bayi Anda sendawa sebelum tidur siang terutama jika baru saja menyusui. Mungkin hal ini yang membuat bayi tidak nyaman sehingga mudah terbangun. Caranya adalah dengan menggendong bayi pada dada Anda dengan posisi dagu pada pundak Anda kemudian tepuk-tepuk punggung bayi. Bayi berusia 3 bulan umumnya akan tidur siang selama 4-5 jam dan tidur malam selama 10 hingga 11 jam. Selain mencoba membuat bayi sendawa sebelum tidur, pastikan juga pakaian bayi  tidak terlalu tebal agar bayi tidak kepanasan, jangan lupa untuk mengatur suhu ruangan tidur menjadi nyaman. 

    Jika Anda masih mengkhawatirkan kondisi anak Anda, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis anak lebih lanjut.

    Semoga membantu.

    Dr. Aloisia