Tanya Dokter

  • Normalkah bayi usia 5 bulan menyusu setiap satu jam ?

  •  Lydia De Vega
    Anggota
    Halo dok. Saya mau tanya, anak saya baru berusia 5 bulan, tgl 28 besok 6 bulan. Apakah normal anak usia 5 bulan sering menyusui bahkan menyusui ny setiap satu jam? Sudah sebulan ini anak saya menyusuiny setiap 1 jam. Baca2 artikel katanya haus palsu tapi anak saya selalu ngeluarin lidah seperti mau minta asi dan tentunya rewel. Apakah normal itu dok?

    Hai Lydia,

    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    Saat baru dilahirkan, bayi bisa menyusui setiap 1 hingga 2 jam sekali. Namun, seiring dengan pertambahan usianya, bayi umumnya mulai menemukan teknik menyusu terbaik sehingga ia bisa lebih efektif dalam menyusu. Akibatnya, jarak bayi menyusu bisa semakin panjang (2 hingga 4 jam sekali) karena lapar dan hausnya sudah terobati.

    Namun, memang adakalanya bayi bisa menyusu lebih sering dan masih tergolong normal, misalnya saat mengalami growth spurt. Kondisi ini mencerminkan akselerasi pertumbuhan bayi yang membuatnya memerlukan energi lebih untuk menunjang pertumbuhannya. Biasanya, peningkatan frekuensi menyusu ini akan diikuti dengan peningkatan berat dan panjang badan bayi yang lebih drastis dibanding sebelumnya.

    Namun, perlu juga Anda ketahui, bahwa bayi yang mengeluarkan lidah dan rewel tidak selalu menandakan bahwa ia sedang haus. Bisa juga, hal ini terjadi akibat:

    • Rasa tidak nyaman di area mulut, seperti saat menjelang tumbuh gigi
    • Rasa tidak nyaman di tubuh lainnya, seperti saat popoknya basah, demam, nyeri perut, dan sebagainya

    Mengingat usia anak Anda yang masih bergantung penuh pada ASI secara eksklusif, sangat disarankan untuk tidak membatasi keinginannya untuk menyusu. Berikan ASI pada bayi Anda setiap kali ia menginginkan. Bila Anda memiliki kendala, misalnya sulit beraktifitas dikarenakan terlalu sering menyusui, Anda bisa memerah ASI Anda untuk kemudian diberikan oleh orang lain melalui sendok atau cup feeder.

    Yang perlu Anda waspadai adalah, bila rewel yang anak Anda alami sangatlah tidak wajar, atau disertai keluhan lain, misalnya berat badan menurun, demam, muntah, diare, konstipasi, perut kencang, dan sebagainya. Pada kasus seperti ini, Anda sebaiknya memeriksakan anak Anda langsung ke dokter agar ditelisik penyebab berikut penatalaksanaan yang tepat. Pada beberapa kasus, bila memang anak sudah dinilai siap untuk makan, pemberian MPASI dini bisa juga dipertimbangkan, tentunya atas saran dari dokter ya..

    Semoga membantu.

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah