Tanya Dokter

  • Demam tidak kunjung turun disertai radang tenggorokan pada bayi berusia 8 bulan

  •  Deanna
    Anggota

    Halo dok! Bayi saya 8 bulan masuk RS. Ini hari kedua panas sampai 38,2. Rata2 37.9 panasnya. Sudah diberikan parasetamol 0,5 ml setiap 4 jam, diinfus dan diberi antibiotik. Tapi demamnya hanya turun sampai 36,7 paling rendah kemudian naik lagi ke 38. Dari dokter memang ada radang ditenggorokannya. Namun saya khawatir krn dengan dosisi obt seperti itu, namun demam tidak kunjung turun bukannya sedikit mengkhawatirkan? Mohon penjelasannya

    Halo Deanna, 

     

    Terima kasih sudah bertanya ke Alodokter.

    Demam pada anak kerap kali membuat orang tua menjadi khawatir. Demam sendiri adalah bukan suatu penyakit melainkan gejala dari suatu penyakit tertentu. Demam adalah mekanisme tubuh untuk melawan infeksi seperti virus, bakteri atau jenis kuman lainnya. Selain itu, demam juga dapat disebabkan oleh adanya penyakit autoimun tertentu dan yang tidak kalah penting adalah kondisi dehidrasi yang sangat sering terjadi pada anak. 

    Seseorang dikatakan demam jika suhu tubuh di atas 38 derajattepatnya 38,5 derajat celcius pada pengukuran di bagian dubur. Jika tidak dalam angka tersebut namun tubuh anak terasa hangat maka dapat dikategorikan sebagai subfebris ( sub demam). 

    Pada kasus anak Anda dimana obat-obatan yang diberikan berupa penurun demam, infus dan antibiotik pasti sudah berdasarkan hasil pemeriksaan dokter. Parasetamol merupakn jenis oabt penurun panas dan pereda nyeri yang paling aman dan selama diberikan berdasarkan indikasi maka tidak ada kekhawatiran. Adanya radang tenggorokan atau dikenal sebagai faringitis merupakan fokus infeksi dari penyebab gejala demam. Dimana jika memang menunjukkan adanya infeksi bakeri maka indikasi pemberian antibiotik juga memang diperlukan. Infus sebagai pengganti cairan diperlukan karena dengan adanya radang tenggorokan maka dikhawatirkan anak susah minum sehingga dapat memperburuk kondisi demam. 

    Demam pada anak untuk turun memang perlu waktu, selain obata-obatan yang sudah diberikan maka diperlukan juga bantu dengan minum secara oral dan dengan dikompres atau diseka dengan menggunakan air hangat membantu anak merasa lebih nyaman. 

    Demikian yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat. 

    Salam, dr. Tiwi