Tanya Dokter

  • Mengatasi bayi usia 2 minggu sulit buang air besar

  •  Nuki G
    Anggota

    Dear Alodokter, Bayi saya 2 minggu, 2 hari kemarin saya kasih susu formula, di karenakan asi saya keluar nya sedikit, mix antara susu formula dan juga asi, pemberian susu formula nya : hari pertama 1x, hari kedua 2x, hari ketiga sudah full asi lg, dari hari kedua sampai hari ketiga ( skrg ) bayi saya tidak buang air besar dok, hanya buang air kecil saja, normalkah dok? Dan apa yg harus di lakukan supay bayi saya buang air besar dok? Terima kasih

    Halo selamat pagi Nuki. 

    Kebiasaan BAB (termasuk frekuensinya) bervariasi pada setiap bayi. Hal ini juga dipengaruhi oleh banyak hal, seperti pola minum, jumlah asupan minuman yang masuk, aktivitas fisik bayi, dan kecepatan tubuh bayi dalam mencerna asupan yang masuk. Bayi dikatakan susah BAB jika BAB-nya kurang dari dua kali dalam seminggu. BAB juga dikatakan susah jika bentuk kotoran lebih keras dari biasanya, meskipun frekuensinya tidak berubah. Namun demikian, pada bayi usia 0 bulan sampai 5 bulan  yang mengkonsumsi ASI, BAB seminggu sekali masih dianggap normal. 

    Beberapa penyebab bayi susah BAB antara lain:

    • mengkonsumsi susu formula
    • sudah diberikan makanan padat
    • mengalami dehidrasi (kekuranagan cairan)
    • mengalami penyakit tertentu, misalnya alergi makanan, gangguan sistem pencernaan sejak lahir, penyakit kekurangan hormon tiroid, dan sebagainya.

     

    Jika bayi anda saat ini masih aktif, masih mau menyusu, tidak rewel, masih dapat kentut, tidak mengalami muntah, tidak tampak adanya benjolan di perut, tidak demam, dan tidak tampak kesakitan, maka anda tidak perlu terlalu khawatir. Namun jika hal-hal tersebut terjadi, segera-lah periksakan bayi anda ke dokter atau Unit Gawat Darurat terdekat. Jika bayi anda juga tidak kunjung BAB setelah 2 minggu, maka anda perlu memeriksakan anak anda ke dokter. Sementara itu, anda dapat tetap memberikan ASI kepada bayi anda. Perlu anda erhatikan bahwa semakin sering anda menyusui bayi anda, tubuh anda akan mengeluarkan hormon untuk memproduksi lebih banyak ASI lagi, sehingga ASI akan semakin bertambah. Sebaliknya, semakin jarang anda menyusui bayi anda, maka produksi ASI akan semakin berkurang.

    Berikut beberapa tips yang dapat anda lakukan untuk membantu memperlancar BAB bayi anda:

    • Mandikan bayi dengan air hangat
    • Cukupi kebutuhan susu untuk bayi anda
    • Lakukan pijatan lembut pada perut bayi dengan gerakan memutar
    • Biarkan anak agar tetap aktif, atau anda dapat membantu anak untuk menggerakan tubuhnya, misalnya dengan menggerak-gerakan kaki bayi seperti gerakan menggoes sepeda, dsb. Hal ini dapat membantu pergerakan usus bayi

     

    Sekian semoga membantu ya Bu..

    Salam, dr. Denisa