Tanya Dokter

  • Bayi tidak menekan semua asi

  •  Choerun Nissa
    Anggota

    Siang dok..bayi saya skr 2 bln 27 hari..meminum asi..kmrn sempat ruam dikulit sdh brobt ktax alergi dari mknan yg sy mkn..skr sy membtasi mknan yg mengandung telur,susu &kcng2n..skr bayi saya mimix jdi kurang..sebentar2..trs srg tdk mnelan semua asi..suka dklurin bkn muntah.. knp ya dok..minta solusinya dok?

    Hai Choerun,

    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    Perlu diperjelas sebelumnya, bagaimana status pertumbuhan bayi Anda saat ini? Apakah sesuai dengan usianya? Seberapa banyak bayi Anda muntah-muntah dalam sehari?

    Sedikit atau banyak dari jenis makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh ibu memang bisa mempengaruhi ASI. Namun, hal ini saja semestinya tidak sampai menyebabkan bayi Anda menjadi malas menyusu sebagaimana yang Anda keluhkan saat ini.

    Cukup atau tidaknya bayi menyusu seringkali menjadi tolak ukur yang sangat subyektif. Karenanya, dalam mengukur apakah bayi cukup mendapatkan ASI atau tidak, sebaiknya kita menggunakan patokan yang baku, yakni dengan memantau tumbuh kembang anak. Apabila tumbuh kembang bayi Anda masih normal sesuai dengan patokan usianya, maka sesungguhnya Anda tidak perlu khawatir bayi Anda kekurangan ASI.

    Bayi bisa menjadi lebih sedikit menyusu mungkin dikarenakan rasa tidak nyaman pada saluran pencernaannya, yakni mulai dari mulut (misalnya karena sariawan), tenggorokan (misalnya karena radang), lambung, usus, dan sebagainya (misalnya karena infeksi atau peningkatan asam lambung). Hal ini mungkin ada kaitannya dengan rasa tidak nyaman di tubuhnya akibat sisa dari sakit yang ia derita sebelumnya.

    Anda bisa memeriksakan langsung bayi Anda ke dokter spesialis anak apabila intensitas menyusunya berkurang dengan sangat drastis atau bila bayi Anda mengalami muntah-muntah lebih dari 5 kali dalam sehari. Dengan pemeriksaan secara langsung, dokter umumnya bisa mengidentifikasi seperti apa penanganan yang perlu dilakukan.

    Saat ini, sebaiknya Anda tidak menyerah untuk menyusui bayi Anda dengan teratur. Susui ia secara langsung dari payudara Anda supaya ia merasa lebih nyaman karena berada di dekapan ibu. Susui bayi Anda setiap 2 hingga 3 jam sekali, tidak menunggu ia terlalu lapar sehingga ia tidak menjadi kesal. Hindari menyusui bayi sembari berbaring. Dan, sendawakan juga bayi Anda setiap habis menyusu agar meminimalisasi terjadinya muntah.

    Semoga membantu ya..

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah