Tanya Dokter

  • Bayi berusia 10 bulan tidak nyenyak saat tidur di malam hari

  •  Icha Irawan
    Anggota

    Hallo dok Saya punya bayi berumur 10 bulan, sampai sekarang bayi saya belum mau makan dan susah sekali kalau dikasih makan, kalau malam dia tidurnya tidak begitu nyenyak, kadang nangis (tapi tidak kencang nangisnya) minta susu meskipun matanya tetap tidur Apakah itu gara-gara dia kelaparan tidak makan dok? Saya harus bagaimana agar bayi saya mau makan dan tidur nyenyak di malam harinya? Tolong dijawab dok Terimakasih

    Selamat sore, terima kasih telah bertanya di Alodokter. Anak sulit makan dan tidur yang terganggu merupakan dua hal yang berbeda. Untuk mudahnya, kami akan membahas sulit makan terlebih dahulu.

    Makan adalah cara untuk mendapatkan nutrisi dan nutrisi yang cukup akan menunjang pertumbuhan, perkembangan serta daya tahan tubuh seseorang. Sehingga memang wajar ketika seorang anak dinilai 'sulit' makan, orangtua menjadi khawatir. Namun jangan cepat panik terlebih dahulu. Melihat anak yang lahap makan memang bisa membuat hati tenang, tapi porsi makan bayi berbeda dengan orang dewasa, terlebih bayi yang baru berumur 10 bulan.

    Untuk mengetahui apakah anak Anda sudah mendapatkan nutrisi yang cukup atau belum, adalah dengan mencocokkannya dengan kurva pertambahan berat badan yang diukur secara berkala. Jika secara kurva pertambahan berat badan, berat badannya selalu naik dan berada di garis hijau, berarti se'sulit' apapun makannya, nutrisi yang diterima anak Anda sudah mencukupi. Dan Anda tidak perlu khawatir kalau Anda melihat anak Anda tidak mau makan sebanyak yang Anda inginkan karena berarti kapasitas lambungnya memang tidak besar, yang penting nutrisinya sudah terpenuhi.

    Namun jika memang setelah diukur berat badannya tidak bertambah atau tidak berada dalam garis hijau, berarti memang Anda harus mulai menyusun strategi untuk menambah berat badannya. Selain tentu saja berkonsultasi kepada dokter anak untuk mengetahui apakah nafsu makan yang rendah oleh anak Anda ini dikarenakan kondisi penyakit tertentu, Anda juga bisa melakukan hal ini dirumah:

    • Buat tampilan makanan menarik dengan warna warni dan bentuk yang lucu
    • Goda dengan aroma makanan yang hangat dan baru saja dimasak
    • Bagi dalam porsi kecil, namun lebih sering
    • Biasakan makan perlahan, sabar dan jangan ingin anak cepat menghabiskan makannya
    • Hindari tindakan memaksa agar anak tidak menjadikan kegiatan makan sebagai sesuatu yang menakutkan
    • Jadikan makan sebagai kegiatan yang menyenangkan dengan menyelipkan unsur bermain dan sebagainya
    • Dengan umur yang masih dibawah 10 bulan, gunakan makanan yang betul-betul lunak
    • Konsultasikan pada dokter untuk mengetahui apakah ada kondisi penyakit yang menurunkan nafsu makan anak seperti sariawan, kembung, atau penyakit asam lambung

     

    Untuk menambah wawasan Anda, Anda bisa mengklik link berikut menuju artikel kami tentang 4 Penyebab Bayi Susah Makan, Cara Menambah Nafsu Makan Anak dan Trik Menghadapi Anak Susah Makan.

    Lalu mengenai bayi yang sulit tidur, sama seperti sebelumnya, Anda juga harus mengetahui bahwa meskipun memang pada usia 10 bulan, bayi sudah cenderung mengenal siang dan malam, waktu tidur bayi berbeda dengan anak-anak dan orang dewasa. Bagi bayi, terbangun di malam hari, dan tidur lama di siang hari masih merupakan hal normal. Kelaparan memang bisa menjadi penyebabnya, tapi kalaupun begitu, dengan Anda menerapkan anjuran kami sebelumnya, masalah itupun harusnya teratasi. Yang jelas, indikator kesehatan bayi adalah pertumbuhan dan perkembangan yang sesuai dengan umurnya, dan kondisi klinis yang normal dalam artian tidak demam, tidak diare, tidak muntah-muntah, masih tetap aktif, tidak sesak napas, dan tidak memiliki kelainan kulit tertentu. Semoga Anda dan keluarga sehat selalu.

    Sekian, semoga membantu.

    dr. Amadeo D. Basfiansa