Tanya Dokter

  • Bayi usia 6 bulan sudah bisa berdiri. Normalkah ?

  •  Salsabila_
    Anggota

    Selamat pagi Dok, saya mau tanya, anak saya usiaya baru 6 bulan tapi sudah bisa berdiri walau masih harus pegangan ke tembok. apakah itu normal dok?

    Hai Salsabila_,

    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    Pencapaian perkembangan anak memang bisa berbeda-beda. Pada usia 6 bulan, ada anak yang sudah bisa merambat, namun ada pula yang belum bisa duduk sama sekali. Untuk menilai apakah normal atau tidaknya perkembangan seorang anak, Anda perlu membandingkannya menggunakan standar acuan yang baku, misalnya kurva perkembangan Denver atau KMS (kartu menuju sehat). 

    Jika menilik pada kurva perkembangan Denver yang kerap dijadikan acuan oleh dokter spesialis anak, bayi umumnya mulai dapat berdiri sambil berpengangan (merambat) pada usia 6 hingga 9 bulan. Hal ini tentu berbeda dengan berdiri tanpa pegangan yang biasanya baru dicapai ketika anak berusia di atas 9 bulan. Karenanya, sesungguhnya yang anak Anda alami sangatlah normal. Tidak ada istilah "terlalu cepat" dalam menilai perkembangan anak. Yang ada justru sebaliknya, yakni "terlalu lambat" (developmental delay).

    Karenanya, tidak perlu khawatir ya.. Yang terpenting, awasi terus proses perkembangannya. Dengan bisa merambat, bayi akan lebih mudah menjangkau barang dan area yang berbahaya. Karenanya, pastikan Anda tidak meletakkan benda-benda kecil atau tajam di dalam jangkauan anak. Selain itu, tunjang juga tumbuh kembang anak dengan sering mengajaknya bermain, berbicara, berinteraksi, sambil memenuhi asupan gizinya melalui pemberian ASI dan MPASI yang bergizi.

    Tidak lupa, kontrol selalu tumbuh kembang anak Anda ke dokter secara berkala ya..

    Semoga membantu.

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah