Tanya Dokter

  • berat badan bayi usia 5 bulan sulit bertambah

  • Selamat malam dok . Saya punya anak umur 7,5 bulan . Bb lahir 3,1 kg dan sekarang 6,3 kg . Mulai umur 5 bulan tidak naik . Jadi selama 3 bulan bb tetap 6,3 kg . Padahal makanannya sudah saya tambah porsinya dan 3 kali makan berat serta 2 kali camilan . Minum asi juga tetap seperti sebelum mpasi . Itu kenapa ya dok ?

    Selamat pagi, terima kasih telah bertanya di Alodokter. Kenaikan berat badan yang konstan memang adalah salah satu indikator bayi yang sehat dan mengalami perkembangan yang baik. Sebelum melanjutkan, Anda bisa melihat grafik dibawah untuk mengetahui berat badan normal berdasarkan umur baik bagi bayi laki-laki maupun perempuan.

    Dimana berat badan ideal adalah apabila berat badan anak Anda jatuh pada garis hijau. Bila gambar tersebut terlalu kecil Anda bisa melihatnya dengan mengklik link berikut untuk anak Laki-laki dan Perempuan.

    Pada kasus anak Anda, terlepas dari apakah anak Anda laki-laki atau perempuan, memang untuk usia 7.5 bulan, berat badan 6.3 kg itu dianggap kurang, terlebih karena ada riwayat selama 3 bulan terakhir, berat badannya tidak bertambah. Hal ini bisa terjadi karena beberapa hal, diantaranya:

    • Nutrisi yang mungkin saja masih kurang, terlepas dari fakta bahwa Anda sudah menambah asupannya, mungkin saja anak Anda memang membutuhkan lebih
    • Gangguan pencernaan
    • Infeksi tuberkulosis atau infeksi lainnya
    • Masalah pada hormon tiroid
    • Masalah pada hormon pertumbuhan

     

    Bagaimanapun, kondisi anak Anda memerlukan pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter spesialis anak karena seperti yang kami sampaikan di awal, pertambahan berat badan yang konstan dan ideal merupakan salah satu kunci pertumbuhan bayi sehat. Maka saran kami bawa anak Anda ke dokter anak untuk diperiksa apakah memang ia memiliki gangguan tertentu dan apakah ada masalah dengan nutrisinya selama ini. Dokter Anda akan melakukan penggalian riwayat dengan menanyakan Anda beberapa pertanyaan seputar kesehatan anak Anda selama ini, melakukan pemeriksaan fisik sederhana lalu mungkin melakukan pemeriksaan penunjang bila memang diperlukan.

    Sementara itu tetap susui dan berikan makan anak Anda, usahakan untuk menambah porsinya sedikit demi sedikit, jaga kebutuhan cairannya dan perhatikan apabila anak Anda menunjukkan gejala seperti rewel, malas makan, lemas, muntah, demam dan lain sebagainya. Semoga Anda dan keluarga sehat selalu.

    Sekian, semoga membantu.

    dr. Amadeo D. Basfiansa