Tanya Dokter

  • Benjolan berisi nanah yang terasa sakit di paha

  •  putraanugrah
    Anggota

    Dok, saya memiliki bisul di paha sebelah kiri yg sudah pecah namun sepertinya isinya belum keluar semua, sehingga kulit disekitar bisul memerah sekitar 10 cm, dan masih sakit saat saya berjalan, duduk, jongkong ataupun aktivitas lainnya, sesekali masih sering keluar nanah apabila sehabis saya kompres dengan air hangat maupun keluar dengan sendirinya. Jika saya ingin mengeluarkan semua isi bisul saya, saya harus menemui dokter spesialis kulit atau dokter spesialis bedah ya dok? Terima kasih.

    Halo, putraanugrah, terima kasih sudah bertanya pada Alodokter.

                Benjolan berisi nanah bisa terletak di atas permukaan kulit maupun dari permukaan kulit hingga di lapisan bawah kulit. Pada benjolan di permukaan kulit kemungkinannya adalah folikulitis, furunkulosis, hingga karbunkel. Penyakit-penyakit tersebut disebabkan karena ada infeksi pada folikel rambut yang meluas hingga kulit sekitarnya. Pada “bisul” atau benjolan berisi nanah yang lebih besar (diameter lebih dari 5 cm), lebih dalam, nanah tidak kunjung keluar, sangat sakit, tidak kunjung sembuh dalam 14 hari, sering kambuh, maka perlu penanganan lebih lanjut, seperti antibiotik hingga drainase (pengeluaran nanah) secara pembedahan. Untuk mengetahui jenis dan keparahan “bisul” yang Anda derita, sebaiknya periksakan ke dokter. Dokter umum dapat melakukan pemeriksaan untuk hal ini. Pada kasus bisul yang masih di permukaan kulit dan tidak parah, dokter umum memiliki kompetensi untuk mengobatinya. Jika menurut dokter umum kasus ini memerlukan drainase dengan pembedahan, maka akan dirujuk ke dokter bedah. Jika menurut pemeriksaan dokter umum kasus ini merupakan ranah spesialis kulit, maka akan dirujuk ke dokter spesialis kulit.

                Yang terpenting, jaga kebersihan kulit sekitar bisul, jangan memencet dan memegang bisul, sering mengompresnya dengan air hangat (paling tidak 3x sehari). Jika bisul pecah sebaiknya tutup dengan kain kassa steril. Jika nyeri masih ada, dapat mengonsumsi paracetamol atau ibuprofen. Jika nyeri tidak kunjung hilang dengan pengobatan paracetamol atau ibuprofen, ada demam, bisul meluas, maka segeralah ke dokter.

                Sekian, semoga bermanfaat yaa.

     

    Salam, dr. Sarah Rizqia