Tanya Dokter

  • perbedaan scabies, eksim, dan infeksi jamur tinea cruris

  •  grace
    Anggota

    Dok,saya gatal di bagian perut, selangkangan (dan melebar ke dekat vagina). bentuknya bundar,dan kulit menjadi kering, terdapat benjolan2 kecil yg kalau digaruk lama kelamaan berair.bekas gatal td menjadi berwarna kehitaman. saya sudah pake ketocenazole dan ampuh, tapi bbrapa waktu kemudian kambuh lagi. dan belum lama ini sepertinya terjadi infeksi sekunder dengan adanya benjolan yg berisi nanah. itu gejala apa ya dok? kalau saya baca2 menunjukkan ke scabies, eskim, atau tinea cruris. apa perbedaan ketiga penyakit ini? trimakasih :)

    grace  dr. Adhi Pasha
    Dokter

    Halo grace,

    Masalah pada kulit memiliki banyak kemungkinan penyebab mulai dari reaksi alergi, infeksi jamur, infeksi parasit seperti kutu pada skabies, infeksi bakteri, ataupun yang penyebabnya tidak diketahui seperti eksim atopik. Masing-masing penyebab memiliki pengobatan yang berbeda-beda dan sering kali masing-masing memiliki karakter dan gejala yang sama sehingga jika digunakan suatu obat bisa tidak bekerja dengan baik untuk itu perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter ahli kulit.

    Infeksi jamur pada tubuh sendiri atau tinea corporis memiliki gejala seperti muncul ruam melingkar dengan tepi yang sedikit timbul berwarna kemerahan atau keperakan, bagian tengah kulit dapat tampak sehat tetapi sekitarnya dapat berisi cairan atau nanah, kulit bersisik, kering gatal atau meradang. Penyebabnya adalah infeksi jamur dermatofita pada kulit yang menular melalu kontak antar manusia, kontak dengan benda yang terkontaminasi ataupun kontak dengan hewan yang terinfeksi. Untuk diagnosanya sendiri dokter selain melakukan pemeriksaan fisik juga akan melakukan pemeriksaan tambahan seperti pengambilan sampel jaringan kulit ataupun pemeriksaan dibawah lampu khusus dimana pada pada infeksi jamur akan tampak khas.

    Pada skabies sendiri biasanya menyerang pada kelompok seperti pada satu rumah, asrama, pesantren dan lainnya. Khasnya adalah rasa gatal yang dapat menyerang hampir seluruh bagian tubuh dirasakan terutama di malam hari dan sangat gatal. Dapat timbul ruam dengan jenis ruam beragam bentuknya.

    Periksakan diri pada dokter ahli kulit dan kelamin agar diketahui penyebabnya dan diberikan penanganan yang tepat, upayakan untuk tidak menggaruk tubuh yang gatal agar tidak terjadi iritasi dan infeksi sekunder akibat bakteri yang menimbulkan peradangan pada kulit sampai timbul nanah. Jaga kebersihan diri dan gunakan obat antihistamin dan bedak atau lotion calamine untuk meredakkan rasa gatal sementara.

    Semoga bermanfaat,

    dr. Adhi P.