Tanya Dokter

  • Benjolan di ketiak disertai rasa mudah lelah

  •  Interviana
    Anggota

    Dokter saya wanita usia 39 tahun, sampai dengan tahun 2000 saya sudah menjalani operasi tumor dibawah lengan (ketiak) sebanyak total 6x,  untuk lengan kanan 3x dan 3 x untuk lengan kiri. Tahun 2006 tumor saya terdeteksi lagi tumbuh tapi karena saya takut saya tidak berani menjalani operasi. saya tidak pernah lagi memeriksakan diri ke dokter . Saat ini bekas jahitan operasi saya (kanan & kiri) kembali terasa sakit dan nyeri. Setiap kali mandi saya bisa merasakan ada benjolan diketiak saya (kanan&kiri). Saya mulai merasakan mudah lelah , mudah mengantuk dan terkadang mengalami tangan yg sulit digerakkan. Jari tangan nyeri sulit digerakkan dan payudara membengkak. Apakah saya bisa minta saran dari dokter perihal sakit saya. Apa yang saya harus jalani? tes apa yg dianjurkan saya lakukan. Terimakasih dokter 

    Halo,

     

    Benjolan di ketiak perlu diperiksa dengan seksama untuk mngetahui penyebabnya sehingga bisa ditangani dengan seoptimal mungkin.

    Benjolan di bawah ketiak bisa berupa =

    1. Pembesaran KGB akibat infeksi sekitar.
    2. Lipoma.
    3. Kista
    4. Abses.
    5. Mamae aberans, jaringan payudara yang timbul di luar payudara.
    6. Tumor jinak
    7. Hidroadenoma.
    8. metastase kanker.

    Pemastian benjolan hanya bisa dilakukan dengan memeriksa kembali kondisi Anda ke dokter. Tes fisik serta tes medis tambahan seperti USG, biopsi jaringan dan pemeriksaan patologi jaringan dapat mengetahui jenis benjolan yang Anda alami serta membantu dokter untuk menentukan terapi dan membantu Anda untuk melakukan pencegahan ke depannya.

    Maka itu konsultasikan kondisi Anda segera ke dokter.

    Untuk mengurangi nyeri Anda bisa melakukan kompres dingin, minum obat pereda nyeri dan menggunakan baju yang tidak mengiritasi ketiak Anda.

    Semoga membantu.

     

    dr. Yusi