Tanya Dokter

  • Penyebab benjolan di selangkangan dan terasa nyeri

  •  jouvan
    Anggota
    Benjolan.nya memanjang sekitar 3-4cm... Keras dan tidak berbindah kalo d goyang... Saya rasakan kurang lebih 2 minggu... Kalo ditekan agak nyeri rasanya... Itu kira" hernia apa lanjeren dok ???

    Hallo Sdr. Jouvan

    Benjolan pada selangkangan dapat disebabkan oleh banyak hal diantaranya infeksi kelenjar getah bening di sekitar selangkangan, hernia, abses (infeksi yang menyebabkan terkumpulnya nanah pada selangkangan), penyakit menular seksual seperti limfogranuloma venereum, dan tumor atau limfoma.

    Hernia adalah penyakit yang terjadi ketika ada organ dalam tubuh yang menekan dan mencuat melalui jaringan otot atau jaringan di sekitarnya yang lemah. Faktor risiko yang dapat menyebabkan hernia adalah konstipasi (sering mengejan), kahamilan, penumpukan cairan pada perut, batuk lama, mengangkat beban berat, dan obesitas. Gejala yang ditimbulkan yaitu benjolah yang hilang timbul, biasanya akan muncul apabila berdiri, batuk, mengejan, dan mengangkat barang berat. Terdapat suatu kondisi dimana hernia tidak dapat kembali ke tempat awal yang menandakan hernia tersebut sudah terjepit dan menimbulkan gejala seperti nyeri hebat, mual, dan muntah.

    Berkonsultasilah dengan dokter untuk mengetahui penyebabnya. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang apabila diperlukan seperti pemeriksaan darah, pemeriksaan USG, dan rontgen. Hindarilah fektor risiko yang telah disebutkan dan berhati-hatilah kepada gejala hernia yang telah terjepit karena merupakan kasus yang harus segera ditangani.

    Semoga bermanfaat, terimakasih