Tanya Dokter

  • Benjolan di atas bulu mata

  •  Hendra
    Anggota

    Mlm Dok_ ♍àΰ tanya nii_ kalau ada benjolan kecil di ats bulu mata itu apa...?? Benjolan itu gk pernh hilang... Kira kira apa...??? Dan solusi tuk menyembuhkan'nya dgn obat ┏̲A̶̲̅┓┏̲P̶̲̅┓┏̲A̶̲̅" dok..??? Agar benjolan trsebut dpt hilang_

    Mkc dok

    Hai Benjolan di atas bulu mata yang lama tidak hilang kemungkinan disebabkan oleh kalazion. Penyebabnya adalah sumbatan kelenjar pada kelopak mata, pemicunya adalah infeksi ataupun peradangan. Biasanya kalazion tidak disertai nyeri ataupun merah kecuali bila terjadi infeksi akut oleh bakteri yang disebut hordeolum. Penanganan dari kalazion adalah:

    • Mengompres setiap hari dengan kain hangat pada kelopak mata yang bengkak, biasanya kalazion dapat menghilang perlahan dalam waktu 1-2 bulan.
    • Bila dengan cara diatas tidak mengempis, dapat dilakukan tindakan seperti suntik steroid pada daerah benjolan atau tindakan pengeluaran isi cairan kalazion.
    Selain kalazion, penyebab lain dari benjolan di atas bulu mata adalah:
    • Xanthelasma, dimana benjolan berwarna kekuningan di kelopak mata akibat deposit kolesterol di kulit.
    • Hordeolum (bintitan). Benjolan serupa dengan kalazion, namun disertai infeksi akut sehingga menyebabkan gejala nyeri dan kemerahan. Umumnya diperlukan pengobatan antibiotik topikal seperti tetes atau salep pada mata.
    Untuk lebih pasti diperlukan pemeriksaan langsung oleh dokter untuk mengetahui lokasi persis benjolan, bentuk serta pemeriksaan dengan perabaan. Semoga membantu ya. Terima kasih ya. dr.Yan william