Tanya Dokter

  • Hasil pemeriksaan benjolan di leher sebelah kiri

  •  brlnaddini
    Anggota

    dok, saya mempunyai benjolan di leher sebelah kiri, dan sudah periksa ke dokter, dokter menyuruh saya tes darah, dan hasil nya: T3: 1,18. TSHs: 1,1700. Dan free T4: 1,23. Dari hasik pemeriksaan tsb apakah hasil nya dok, terima kasih

    Selamat pagi, terima kasih telah bertanya di Alodokter. Benjolan di leher bisa timbul karena berbagai macam penyebab, diantaranya adalah:

     

    Pemeriksaan yang Anda lakukan, diminta oleh dokter Anda karena baik T3, T4, maupun TSH yang nilainya diluar batas normal dapat menunjukkan adanya kelainan pada kelenjar tiroid. Mengenai hasil yang Anda dapat, diantara kadar normalnya adalah:

    • T3 (80-180 ng/dl)
    • T3 bebas (230-619 pg/dl)
    • T4, (4.6-12 ug/dl)
    • T4 bebas (0.7-1.9 ng/dl)
    • TSH (0.5-6 uU/ml)

     

    Hasil ini bisa sedikit berbeda tergantung laboratorium yang melakukan namun biasanya tidak signifikan. Karena kurangnya informasi berupa satuan yang digunakan, kami tidak bisa memastikan apakah hasil tersebut semuanya normal atau ada kelainan. Meskipun begitu, biasanya di tiap hasil pemeriksaan lab, disamping hasil Anda ada nilai rujukan atau nilai normalnya. Maka yang bisa Anda lakukan adalah bandingkan hasil Anda dengan nilai rujukan ini untuk mengetahui apakah nilai yang Anda miliki termasuk rendah, tinggi atau normal. Tapi terlepas daripada itu, Anda tetap harus mengonsultasikan hasil tersebut pada dokter yang memeriksa Anda selama ini untuk dilakukan tindak lanjut terhadap kondisi benjolan pada leher Anda.

    Sementara, Anda harus tetap menjalani pola hidup sehat dengan menjauhi rokok, stress, memperbanyak konsumsi makanan kaya nutrisi seperti sayur, buah, daging, istirahat yang cukup dan olahraga yang teratur. Semoga Anda dan keluarga sehat selalu.

    Sekian, semoga membantu.

    dr. Amadeo D. Basfiansa