Tanya Dokter

  • benjolan di leher sebesar bola gundu

  • Dok saya mau tanya, saya sudah mengalami batuk berdahak selama 2 minggu di leher saya ada benjolan sebesar gundu, dan 2 hari ini saya mengalami pengap di bagian dada, apa yg saya alamai dok

    Halo Fabregaz, Batuk merupakan reaksi tubuh untuk mengeluarkan benda asing dari dalam saluran nafas (paru-paru). Dalam hal ini jika anda ada dahak di paru, maka tubuh akan bereaksi untuk batuk agar dahak tersebut keluar. Dahak yang ada di dalam paru atau saluran nafas menandakan adanya suatu infeksi. Jika infeksi terjadi, maka sistem kekebalan tubuh akan melawan infeksi tersebut dengan memproduksi lebih banyak antibodi-antibodi tubuh. Dimana antibodi-antibodi tersebut diproduksi di kelenjar getah bening yang terdapat di berbagai lokasi tubuh, termasuk leher. Jika kelenjar getah bening sedang aktif melawan infeksi, biasa akan menjadi lebih besar sehingga terasa ada suatu benjolan. Benjolan di leher anda bisa disebabkan oleh pembengkakan kelenjar getah bening ataupun masalah lain seperti:

    • Bisul/abses
    • Infeksi gigi
    • Gondok/Mumps/Parotitis
    • Masalah tiroid
    Jika anda mengalami pengap atau sesak, ini bisa dikarenakan adanya masalah pada paru-paru, misalnya ada dahak yang menumpuk sehingga membuat paru lebih susah mendapat oksigen, terjadi lah pengap. Penyebab batuk ada berbagai macam. Lebih baik anda melakukan konsultasi lebih lanjut ke dokter spesialis paru agar mendapat pemeriksaan dan pengobatan yang lebih akurat. Artikel tentang penanganan batuk berdahak ini sangat berguna untuk anda. Baca juga diskusi berikut ini. Semoga membantu, Dr. Yosephine U. L. Simanungkalit

    Benjolan yg saya alami saat ini sudah lumayan mengecil, dan pengap di dada sudah mulai mereda karena dahak yang sudah banyak saya keluarkan, hanya saja terkadang tenggorokan terasa nyeri dok, apa yg saya alami??

    Fabregaz Oktavianus  Norman
    Anggota

    Fabregaz Oktavianus July 31, 2015 at 12:38 am Benjolan yg saya alami saat ini sudah lumayan mengecil, dan pengap di dada sudah mulai mereda karena dahak yang sudah banyak saya keluarkan, hanya saja terkadang tenggorokan terasa nyeri dok, apa yg saya alami??
    Saya juga mengalami benjolan kaya mas, yg sebelumnya juga batuk pilek berdahak. Saya mau tanya dikasih obat apa ya agar benjolannya bisa mengecil ? Terima kasih sebelumnya. Salam hangat, Noor.